IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MODERASI PADA PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK PESANTREN AL-FATTAH SIMAN SEKARAN LAMONGAN

Umu, Fauziyah (2021) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MODERASI PADA PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK PESANTREN AL-FATTAH SIMAN SEKARAN LAMONGAN. Masters thesis, Insitut pesantren kh Abdul chalim Mojokerto.

[img] Text (Cover & abstrak)
a+c ziyah.pdf - Published Version

Download (158kB)
[img] Text (Bab awal)
BAB I ziyah.pdf - Published Version

Download (408kB)
[img] Text (Bab akhir)
BAB akhir ziyah.pdf - Published Version

Download (110kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA ziyah.pdf - Published Version

Download (241kB)
[img] Text (Full tesis)
full tesis ziyah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui nilai-nilai moderasi pada pendidikan Islam di Pondok Pesantren Al-Fattah Siman Sekaran Lamongan; 2) Mengetahui implementasi nilai-nilai moderasi pada pendidikan Islam di Pondok Pesantren Al-Fattah Siman Sekaran. Lamongan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mudir, pengurus, asatidz dan santri Pondok Pesantren Al-Fattah Siman Sekaran Lamongan. Obyek penelitian adalah pemahaman dan implementasi nilai-nilai moderasi pada pendidikan Islam di Pondok Pesantren Al-Fattah Siman Sekaran Lamongan.
Hasil penelitian implementasi nilai-nilai moderasi pada pendidikan Islam di Pondok Pesantren Al-Fattah Siman Sekaran Lamongan menunjukkan bahwa; 1) Pemahaman nilai-nilai moderasi pada pendidikan islam di pondok pesantren al-fattah siman sekaran lamongan menjadi dasar dalam pembentukan karakter santri yang pada pelaksanaannya berpegang teguh pada prinsip-prinsip paham ahlussunnah waljama’ah dengan tendensinya pada moderasi atau wasaţiyyah melalui pemahaman aqidah, syariah atau ibadah dan akhlak;2) Implementasi nilai-nilai moderasi pada pendidikan islam di pondok pesantren al-fattah siman sekaran lamongan dilakukan dalam beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi; 3) Pelaksanaan implementasi nilai-nilai moderasi pada pendidikan islam di pondok pesantren al-fattah siman sekaran lamongan diterapkan pada tiga kegiatan yaitu dalam kegiatan belajar mengajar, kegiatan spiritual keagamaan dan kegiatan penunjang ketrampilan; 4) Pelaksanaan implementasi nilai-nilai moderasi pada pendidikan islam di pondok pesantren al-fattah siman sekaran lamongan menggunakan empat strategi yaitu pengenalan, pembiasaan, keteladanan, dan pengamalan; 5) Evaluasi implementasi nilai-nilai moderasi pada pendidikan islam di pondok pesantren al-fattah siman sekaran lamongan terbagi menjadi tiga bentuk yaitu evaluasi program, evaluasi proses pembelajaran dan evaluasi hasil belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, moderasi, pendidikan islam
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 09 Mar 2023 08:48
Last Modified: 09 Mar 2023 08:48
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1854

Actions (login required)

View Item View Item