Slamet, Echwani (2022) Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas V SDI Nurul Bayan Kebunagung Sumenep. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (275kB) |
|
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
2. BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version Download (210kB) |
|
Text (BAB 5 (Penutup))
3. BAB Akhir (Penutup).pdf - Published Version Download (180kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (197kB) |
|
Text (Tesis Full text)
5. Tugas Akhir Ilmiah.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tesis ini adalah hasil penelitian lapangan (Field Research) untuk menjawab pertanyaan pertama: Bagaimana perencanaan model discovery learning pada bidang studi PAI dan Budi Pekerti di kelas V SDI Nurul Bayan Kebunagung Sumenep?. dan kedua: Bagaimana Implementasi model discovery learning pada bidang studi PAI dan Budi Pekerti di kelas V SDI Nurul Bayan Kebunagung Sumenep?.
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif (penelitian lapangan) yaitu pengumpulan data yang dilakukan dengan penelitian ditempat terjadinya gejala yang diteliti. Dalam hal ini, penulis mengumpulkan data mengenai persoalan yang berkaitan dengan implementasi model pembelajaran discovery learning pada bidang studi pendidikan agama Islam dan budi pekerti. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bersifat eksploratif yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan atau status fenomena.
Berdasarkan hasil penelitian yang didapat bahwa Perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan menggunakan model discovery learning dapat dituangkan dalam silabus dan dikembangkan dalam RPP yang dibuat pada awal tahun ajaran baru, yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Sehingga akan memperoleh hasil yang sesuai dengan tujuan kompetensi dari mata pelajaran PAI, RPP akan dibawa ke MGMPS dan diteruskan ke MGMP center/Kabupaten. Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan menggunakan model discovery learning dapat dilaksanakan dalam tiga tahapan, yaitu kegiatan pendahuluan untuk mengembalikan konsentrasi siswa dalam memahami materi (berdo’a, membaca ayat-ayat Al-Qur,an, absensi, appersepsi). Kedua, kegiatan inti yaitu membahas materi pembelajaran dengan model discoveri learning, dengan bekerja kelompok. Siswa aktif dalam pembelajaran dikelas, yaitu mengobservasi, mengidentifikasi, pengolahan data, pembuktian data, kesimpulan. Tahap ketiga adalah kegiatan penutup, guru memberikan penguatan, do’a bersama dan dilanjut ucapan salam.
Untuk terus mempertahankan prestasi dan eksistensi sekolah, disarankan kebijakan pengembangan model pembelajaran juga diarahkan pada peningkatan pemakaian model discovery learning dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Model Pembelajaran Discovery Learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 25 May 2023 08:29 |
Last Modified: | 25 May 2023 08:29 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1843 |
Actions (login required)
View Item |