Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas V SDI Nurul Bayan Kebunagung Sumenep

Slamet, Echwani (2022) Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas V SDI Nurul Bayan Kebunagung Sumenep. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (275kB)
[img] Text (BAB 1 (Pendahuluan))
2. BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (210kB)
[img] Text (BAB 5 (Penutup))
3. BAB Akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (180kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (197kB)
[img] Text (Tesis Full text)
5. Tugas Akhir Ilmiah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tesis ini adalah hasil penelitian lapangan (Field Research) untuk menjawab pertanyaan pertama: Bagaimana perencanaan model discovery learning pada bidang studi PAI dan Budi Pekerti di kelas V SDI Nurul Bayan Kebunagung Sumenep?. dan kedua: Bagaimana Implementasi model discovery learning pada bidang studi PAI dan Budi Pekerti di kelas V SDI Nurul Bayan Kebunagung Sumenep?.
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif (penelitian lapangan) yaitu pengumpulan data yang dilakukan dengan penelitian ditempat terjadinya gejala yang diteliti. Dalam hal ini, penulis mengumpulkan data mengenai persoalan yang berkaitan dengan implementasi model pembelajaran discovery learning pada bidang studi pendidikan agama Islam dan budi pekerti. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bersifat eksploratif yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan atau status fenomena.
Berdasarkan hasil penelitian yang didapat bahwa Perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan menggunakan model discovery learning dapat dituangkan dalam silabus dan dikembangkan dalam RPP yang dibuat pada awal tahun ajaran baru, yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Sehingga akan memperoleh hasil yang sesuai dengan tujuan kompetensi dari mata pelajaran PAI, RPP akan dibawa ke MGMPS dan diteruskan ke MGMP center/Kabupaten. Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan menggunakan model discovery learning dapat dilaksanakan dalam tiga tahapan, yaitu kegiatan pendahuluan untuk mengembalikan konsentrasi siswa dalam memahami materi (berdo’a, membaca ayat-ayat Al-Qur,an, absensi, appersepsi). Kedua, kegiatan inti yaitu membahas materi pembelajaran dengan model discoveri learning, dengan bekerja kelompok. Siswa aktif dalam pembelajaran dikelas, yaitu mengobservasi, mengidentifikasi, pengolahan data, pembuktian data, kesimpulan. Tahap ketiga adalah kegiatan penutup, guru memberikan penguatan, do’a bersama dan dilanjut ucapan salam.
Untuk terus mempertahankan prestasi dan eksistensi sekolah, disarankan kebijakan pengembangan model pembelajaran juga diarahkan pada peningkatan pemakaian model discovery learning dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Model Pembelajaran Discovery Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 25 May 2023 08:29
Last Modified: 25 May 2023 08:29
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1843

Actions (login required)

View Item View Item