Muhammad, Thoha (2021) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS V MI MA'ARIF NU MAMBAUL ULUM GEMPOL BENJENG. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (616kB) |
|
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (853kB) |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Download (216kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (418kB) |
|
Text (Tesis Full)
Tesis Full WTRMRK.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Strategi pembelajaran merupakan sebuah perencanaan yang berisi serangkaian kegiatan pembelajaran yang di desain secara khusus baik metode ataupun pemanfaatannya untuk mencapai tujuan pendidikan. Oleh karena itu, untuk mencapai tujuan pendidikan yang diiginkan dalam pembelajaran. Guru diharapkan memiliki beberapa strategi pembelajaran agar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Adapun fokus penelitian didalam penelitian ini adalah bagaimana strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar Aqidah Akhlak di MI Ma'arif NU Mambaul Ulum Gempol Benjeng, apa saja faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru dalam meningkatkan motivasi belajar Aqidah Akhlak di MI Ma'arif NU Mambaul Ulum Gempol Benjeng.
Dalam penelitian ini, penulis memakai jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dengan cara triangulasi.
Hasil penelitian yang ditemukan di lokasi penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan guru Aqidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sudah baik dan meningkat. Hal ini terlihat dari siswanya malas belajar menjadi giat belajar dan banyak membaca serta berani mengutarakan pendapat dalam proses pembelajaran. Kemudian dalam meningkatkan motivasi belajar Aqidah Akhlak terdapat sejumlah kendala yang dialami oleh guru MI Ma'arif NU Mambaul Ulum Gempol Benjeng. Namun kendala yang dialami oleh guru dapat diminimalisir dengan adanya dukungan dari orangtua siswa, kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah guru memiliki strategi ekspositori dan strategi inkuiri dalam menigkatkan motivasi belajar, terdapat sejumlah kendala yang dirasakan oleh guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, serta adanya faktor pendukung seperti dukungan dari orangtua siswa yang dapat membantu guru dalam meningkatkan motivasi belajar Aqidah Akhlak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Motivasi, dan Aqidah Akhlak |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 04 Mar 2023 08:36 |
Last Modified: | 04 Mar 2023 08:36 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1808 |
Actions (login required)
View Item |