IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN PAI DI SD NEGERI BAKALAN KOTA PASURUAN

BAHKRUL, BAKHRUL ULUM (2021) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN PAI DI SD NEGERI BAKALAN KOTA PASURUAN. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (600kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (301kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (123kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (123kB)
[img] Text (TESIS FULL TEXT)
TESIS FULL TEXT .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

dalam implementasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pembelajaran PAI di SD Negeri Bakalan Kota Pasuruan.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam analisis data, peneliti menggunakan pendekatan analisis data kualitatif. Validasi data menggunakan trianggulasi, Implikasi, koreksi sebaya.
Temuan subtantif Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Pembelajaran PAI di SD Negeri Bakalan Kota Pasuruan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran yang dilakukan dengan menyusun perangkat pembelajaran akan lebih efektif jika dimulai melalui kegiatan plan to lesson dan lesson to plan. Kegiatan lesson to plan digunakan sebagai refleksi terhadap proses pembelajaran PAI yang telah dilaksanakan di kelas IV. 2) Pelaksanaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Pembelajaran PAI di SD Negeri Bakalan Kota Pasuruan meliputi Persyaratan Pelaksanaan Proses Pembelajaran (yang menjelaskan Rombongan belajar, Beban kerja minimal guru PAI, Buku teks pelajaran, Pengelolaan kelas), Pelaksanaan Pembelajaran (yang menjelaskan tentang Kegiatan Akhir), Penilaian (menjelaskan Penilaian sikap, Penilaian ketrampilan, Penilaian pengetahuan). 3) Faktor-faktor yang mendukung terhadap implementasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pembelajaran PAI di SD Negeri Bakalan Kota Pasuruan diantaranya adalah kemampuan guru dalam memahami dan mengimplementasikan CTL, dan keantusiasan siswa. Sedangkan problematika yang dihadapi adalah belum secara keseluruhan guru memahami dan mengimplentasikan CTL didalam proses pembelajaran, disamping sarana dan prasarana yang belum memadai.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran CTL, Pembelajaran PAI.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 06 Mar 2023 09:42
Last Modified: 06 Mar 2023 09:42
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1798

Actions (login required)

View Item View Item