Sofia, Khoirun Nisa’ (2021) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH DINIAH MAMBAUL ULUM DESA WEDOROANOM KECAMATAN DRIYOREJO KABUPATEN GRESIK. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (505kB) |
|
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (361kB) |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Download (38kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (39kB) |
|
Text (Tesis Full)
Tesis Full sofia khoirun nisa'.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Strategi pembelajaran Contextual Teaching And Learning merupakan konsep pembelajaran yang mana materi yang akan diajarkan dikaitkan dengan keadaan nyata siswa sehingga mampu membangkitkan gairah siswa dalam meghubungkan antara pengetahuan dengan penerapan dlam kehidupan sehari-harinya.
Fokus penelitian dalam penulisan ini adalah, 1) Bagaimana implementasi strategi pembelajaran CTL pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Diniah Mambaul Ulum Desa Wedoroanom Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik? 2) Bagaimana implikasi implementasi strategi pembelajaran CTL pada mata pelajaran di Madrasah Diniah Mambaul Ulum Desa Wedoroanom Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik? Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui, mendiskripsikan dan menganalisis bagaimana implementasi strategi pembelajaran CTL pada mata pelajaran di Madrasah Diniah Mambaul Ulum Desa Wedoroanom Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik. 2) mengetahui, mendiskripsikan dan menganalisis implikasi implementasi strategi pembelajaran CTL pada mata pelajaran di Madrasah Diniah Mambaul Ulum Desa Wedoroanom Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik.
Penelitian ini menggunakan suatu pendekatan studi kasus, dan merupakan jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan diskriptif yang induktif. Maksudnya adalah memaparkan hal hal yang bersifat khusus kemudian di jabarkan secara umum. Tekniknya yakni reduksi data penyajian data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitiannya adalah a) Guru fiqih melakukan kegiatan praktek shalat b) pembiasaan shalat asar berjamaah. Implikasinya dapat terlihat dari 4 kompetensi (sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan ketrampilan) yang dapat terpenuhi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi strategi pembelajaran CTL, Madrasah Diniah |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 04 Mar 2023 08:20 |
Last Modified: | 04 Mar 2023 08:20 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1785 |
Actions (login required)
View Item |