RELEVANSI KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DI DALAM KITAB ADABUL ALIM WAL MUTA’ALLIM KARYA K. H. MUHAMMAD HASYIM ASY’ARI PADA ERA PENDIDIKAN MASA KINI

Aunur, Rofiq (2022) RELEVANSI KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DI DALAM KITAB ADABUL ALIM WAL MUTA’ALLIM KARYA K. H. MUHAMMAD HASYIM ASY’ARI PADA ERA PENDIDIKAN MASA KINI. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Bab I)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (613kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (413kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (391kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (264kB)
[img] Text (Tesis Full)
Tesis Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang Relevansi Konsep Pendidikan Karakter di Dalam Kitab Adabul Alim Wal Muta’allim Karya K.H. Muhammad Hasyim Asy’ari Pada Era Pendidikan Masa Kini. Adapun fokus penelitian pada tesis ini adalah:1) Apa saja pendidikan karakter dalam kitab Adabul Alim wal Muta‟alim?; 2) Bagaimana relevansi pendidikan karakter dalam kitab Adabul Alim wal Muta‟alim pada era masa kini?.Penelitian ini bertujuan untuk mengenal dan mengetahui bagaimana pendidikan karakter pada peserta didik dan mengetahui relevansi pendidikan karakter yang ada dalam kitab Adabul Alim wal Muta‟alim pada era masa kini
Penelitian ini menggunakan metode dokumentasi untuk mengetahui pendidikan akhlak pada peserta didik. Dan menggunakan jenis penelitian kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif analisis Dimana datanya di peroleh melalui sumber linteratur, yaitu melalui riset kepustakaan. Dengan menghimpun informasi yang relevan dengan mencari buku-buku ataupun data lainnya yang berkaitan dengan pokok pembahasan. Serta teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis isi atau (Content Analysis).
Hasil penelitian ini di simpulkan bahwa Pendidikan Akhlak yanga ada pada kitab Adabul Alim wal Muta’allim karya KH Hasyim Asy’ari dangan Pendidikan Masa Kini yaitu sangat relevan dengan pendidikan karakter yang ada dalam Pendidikan Nasional, tujuan pendidikan akhlak menurut KH.Hasyim Asy’ari selaras dengan tujuan Pendidikan Nasional, dan berkontribusi dalam pendidikan di tanah air utamanya dalam pendidikan karakter yang saat ini sedang diprogramkan oleh pemerintah meliputi: Religius, jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Demokrasi, Rasa ingin tahu, Bersahabat/Komunikasi, Cinta Damai, Gemar Membaca, Peduli sosial dan Tanggung jawab

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter, Pendidikan Masa Kini
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 21 Feb 2023 11:48
Last Modified: 21 Feb 2023 11:48
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1774

Actions (login required)

View Item View Item