Lilik, Hamidah (2022) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBANGUN BUDAYA RELIGIUS DI SMP ISLAM DAHLAN SYAFI’I PEKUKUHAN MOJOSARI. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover Tesis dan Abstrak.pdf - Published Version Download (617kB) |
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version Download (295kB) |
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf - Published Version Download (145kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (252kB) |
|
Text (Tesis Full)
Tesis Full plus ttd New.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu wadah yang berpengaruh dalam pembentukan nilai-nilai religius. Oleh karena itu, sekolah sebagai salah satu lembaga pendidikan yang telah menerima dan dirasa mampu menjalankan kewajibannya sebagaimana yang telah dipercayakan oleh para orang tua, maka sekolah harus mampu menciptakan suasana pembelajaran ataupun lingkungan pembelajaran yang menyenangkan sehingga dapat berkembang dan membentuk siswa serta mutu pendidikan yang dihasilkan pun sesuai dengan harapan dan tuntutan sosial.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis implementasi pendidikan agama Islam di lingkungan sekolah SMP Islam Dahlan Syafi’i Pekukuhan Mojosari, 2) Menganalisis implikasai pendidikan agama Islam dalam membangun budaya religius di SMP Islam Dahlan Syafi’i Pekukuhan Mojosari. Jenis penelitian yang digunakan pada penenlitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan study kasus dan tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi pendidikan agama Islam di lingkungan SMP Islam Dahlan Syafi’i 1) Adanya rekrutmen guru, 2) Pendataan siswa, 3) Menyiapkan materi, 4) Penyediaan media pembelajaran, 5) Penentuan metode yang tepat, 6) Melaksanakan evaluasi pembelajaran.Implikasi pendidikan agama Islam dalam membangun budaya religius di SMP Islam Dahlan Syafi’i Pekukuhan Mojosari maka diperoleh kesimpulan yaitu, 1) Menata moral atau sikap peserta didik., 2) Karakter( tingkah laku ) siswa menjadi lebih baik, 3) Mengadakan rapat bersama seluruh dewan guru untuk membuat program kegiatan terutama kegiatan budaya religius, 4) Tanggapan yang bagus karena dengan adanya budaya religius disekolah bisa menjadikan anak yang berakhlak baik 5) Membimbing siswa ,terutama bagi siswa yang kurang aktif dalam kegiatan budaya religius, 6) Berusaha semaksimal mungkin untuk membentuk kepribadian siswa yang agamis, 7) Mengawal kegiatan budaya religius siswa, 8) Nilai religius yang dibudayakan di SMP Islam Dahlan Syafi’i, a) Sholat dhuha berjamaah, b) Sholat dhuhur berjamaah, c) Istighosah setiap hari jum’at, d) Darling ( tadarus keliling ), 9) Akhlak peserta didik mulai tertata, 10) Banyak kegiatan budaya religius sehingga peserta didik mempunyai sikap yang baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Agama Islam, Budaya Religius |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 17 Feb 2023 09:49 |
Last Modified: | 17 Feb 2023 09:49 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1770 |
Actions (login required)
View Item |