GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU DI SDN 1 MUNUNG, KAB. NGANJUK

DESI, PUSPITASARI (2022) GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU DI SDN 1 MUNUNG, KAB. NGANJUK. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (456kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (467kB)
[img] Text (Bab V)
q. BAB V.pdf - Published Version

Download (306kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
r. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (326kB)
[img] Text (Tesis Full)
Tesis Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Setiap lembaga memiliki tujuan yang tertuang dalam visi dan misi yang kemudian diimplementasikan oleh kepala sekolah dan tenaga pendidik serta kependidikan sebagai tubuh yang bergerak sesuai dengan arahan. Peran kepala sekolah sebagai seorang pemimpin tak lepasnya dari gaya kepemimpinan yang ada. Gaya kepemimpinan seorang kepala sekolah memberikan pengaruh dalam baik dan buruknya kinerja guru dalam sebuah lembaga sekolah tempat mengajarnya. Hal ini disebabkan kemajuan sebuah lembaga berimbas pada mutu yang dimiliki oleh sebuah lembaga, hal ini tentunya didukung oleh kinerja guru yang baik.
Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui: (1) Gaya kepemimpinan kepala sekolah SDN 1 Munung. (2) Kinerja Guru di SDN 1 Munung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, dengan jenis studi kasus tunggal. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik dalam menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan dari data yang telah dipaparkan dan direduksi. Dalam menjamin keabsahan data, maka digunakan triangulasi teknik dan sumber.
Hasil penelitian didapatkan data bahwa kepemimpinan kepala sekolah SD Negeri 1 Munung menggunakan dua gaya kepemimpinan yakni gaya kepemimpinan Otoriter dalam mendisiplinkan guru dalam kehadiran sehari – hari dan penyelesaian administrasi. Sedangkan gaya kepmimpinan selanjutnya yakni jenis gaya kepemimpinan demokratis yakni kepala sekolah memberikan kebebasan bagi guru untuk mengembangkan kemampuannya dalam berbagai kegiatan. Data selanjutnya ditemukan bahwa kinerja guru di SDN 1 Munung tidak diragukan lagi karena dalam penyelesaian administrasi selalu awal, lengkap dan benar, sehingga SDN 1 Munung adalah satu satunya sekolah Imbas di Jatikalen yang mendapatkan penghargaan BOS Kinerja.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Kinerja Guru
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 16 Feb 2023 09:19
Last Modified: 16 Feb 2023 09:19
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1761

Actions (login required)

View Item View Item