STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI TK MIFTAHUL ULUM DESA LENGKONG MOJOANYAR MOJOKERTO

MAISYAROH, SITI MAISYAROH (2021) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI TK MIFTAHUL ULUM DESA LENGKONG MOJOANYAR MOJOKERTO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (540kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (451kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (124kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (119kB)
[img] Text (TESIS FULL TEXT)
TESIS SITI MAISYAROH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kepala sekolah merupakan penentu kebijakan dalam suatu lembaga dan merupakan motor penggerak semua tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Oleh karena itu, peran kepala sekolah sangat berpengaruh pada kemajuan dan kemunduran suatu lembaga, sehingga dibutuhkan strategi yang tepat dan terarah dalam meningkatkan kinerja guru secara optimal.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1.) Bagaimana strategi kepala sekolah di TK Miftahul Ulum Desa Lengkong, Mojoanyar Mojokerto?, 2.) Bagaimana kinerja guru di TK Miftahul Ulum Lengkong Desa Lengkong, Mojoanyar Mojokerto? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami strategi kepala sekolah di TK Miftahul Ulum dan mengetahui serta menganalisa kinerja guru di TK Miftahul Ulum mojoanyar Mojokerto.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan pendekatan model interaktif dari Miles dan Huberman.
Hasil penelitian ini adalah: 1.)strategi yang dilakukan kepala sekolah yaitu melalui pembinaan supervisi berkala bagi tenaga pendidik dan kependidikan, memberikan contoh keteladanan melalui sikap dan memberikan tunjangan kinerja kepada guru setiap bulannya serta memberikan reward bagi guru yang mempunyai kinerja lebih baik, mengikutsertakan guru pada kegiatan (pelatihan, seminar, workshop, BimTek) agar lebih kretaif dan inovatif. 2.) Guru mampu melaksanakan tugas mengajar dengan penuh rasa tanggung jawab dan dedikasi yang tinggi, dapat mengelola kelas dengan baik, mampu membuat perencanaan mengajar serta melakukan evaluasi penilaian peserta didik.
Temuan teoritis dari penelitian ini bahwa dengan adanya strategi kepala sekolah yang tepat dapat meningkatkan kinerja guru pada suatu lembaga.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Kepala Sekolah, Kinerja Guru
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 16 Feb 2023 08:13
Last Modified: 16 Feb 2023 08:13
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1750

Actions (login required)

View Item View Item