STRATEGI KEBIJAKAN PIMPINAN PONDOK PESANTREN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DINIYAH DI PONDOK PESANTREN NU AL-MANSHURIYAH TAKLIMUSHIBYAN SANGKONG BONDER PRAYA BARAT KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Sri, Widiati (2020) STRATEGI KEBIJAKAN PIMPINAN PONDOK PESANTREN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DINIYAH DI PONDOK PESANTREN NU AL-MANSHURIYAH TAKLIMUSHIBYAN SANGKONG BONDER PRAYA BARAT KABUPATEN LOMBOK TENGAH. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (392kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (448kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (219kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (435kB)
[img] Text (Tesis Full)
Tesis Sri Widiati Full Text.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) strategi pondok pesantren dalam merencanakan peningkatan kualitas pendidikan diniyah di pondok pesantren NU Al-Manshuriyah Taklimushibyan Sangkong Bonder, 2) strategi pimpinan pondok pesantren dalam melaksanakan kebijakan dalam peningkatan kualitas pendidikan diniyah di pondok pesantren NU Al-Manshuriyah Taklimushibyan Sangkong Bonder, 3) strategi pimpinan pondok pesantren dalam menyelesaikan hambatan terhadap peningkatan kualitas pendidikan diniyah di pondok pesantren NU Al-Manshuriyah Taklimushibyan Sangkong Bonder.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data yang diperoleh dalam penelitian ini didapati secara langsung. Dengan melakukan wawancara kepada pihak terkait untuk memperoleh data yang berkaitan dengan strategi kebijakan pimpinan pondok pesantren dalam meningkatkan kualitas pendidikan diniyah di pondok pesantren NU Al-Manshuriyah Taklimushibyan Sangkong Bonder. dalam penelitian ini, penulis menggunakan wawancara tidak terstruktur untuk mendapatkan informasi dari informan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) kebijakan dalam perencanaan meningkatkan kualitas pendidikan diniyah itu melalui perencanaan sistem pembelajaran, peningkatan sarana prasarana, dan program perencanaan peningkatan kualitas baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek. 2) strategi pelaksanaannya berupa meningkatkan sumber daya guru/asatidz, meningkatan kualitas santri, menjadikan visi, misi dan tujuan lembaga pendidikan diniyah sebagai target untuk meningkatkan kualitas pen didikan diniyah, meningkatkan kualitas materi atau kurikulum, meningkatkan kualitas sarana prasarana. 3) Upaya mengatasi dari hambatan-hambatan tersebut adalah guru hendaknya selalu meningkatkan kompetensi dan pengetahuan, pimpinan menambahkan tenaga pendidik yang sesuai dengan poksi yang diajarkan, meningkatkan sarana prasarana, proses belajar mengajar dengan membuat metode yang baru, menambah kegiatan-kegiatan riyadhoh pada santri.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategy, Pesantren Leadership Policy, Diniyah Education
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 04 Feb 2023 10:03
Last Modified: 04 Feb 2023 10:03
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1740

Actions (login required)

View Item View Item