Pengembangan Program Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Budaya Keagamaan di SDN Bletok Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo

Muhammad, Azizi (2020) Pengembangan Program Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Budaya Keagamaan di SDN Bletok Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
FILE 1 Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (320kB)
[img] Text (BAB 1 (Pendahuluan))
FILE 2 BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (399kB)
[img] Text (BAB Akhir (Penutup/Kesimpulan))
FILE 3 BAB V (Penutup-Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (185kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
FILE 4 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (391kB)
[img] Text (Tesis Full Text)
FILE 5 Tugas Akhir Ilmiah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

Muhammad Azizi, 2020 : Pengembangan Program Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Budaya Keagamaan di SDN Bletok Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo
Tesis Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Institut Pesantren KH. Abdul Chalim. Pembimbing Dr. H. Zakariyah, M.Pd.I.

Kata Kunci : Pengembangan Program Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Budaya Keagamaan.

Pengembangan budaya agama di sekolah merupakan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan. Tetapi kenyataannya, guru agama berjalan sendiri dan kegiatan keagamaannya berjalan sebagai rutinitas belaka tanpa membuat perencanaan yang jelas. Maka peran kepala sekolah sebagai manajer dituntut menerapkan prinsip-prinsip perencanaan dalam pengembangan budaya agama di sekolah. Salah satu langkah yang harus diperhatikan dalam membuat perencanaan adalah kemampuan menganalisis peluang dan hambatan yang dihadapi.
Berdasarkan latar belakang singkat tersebut, maka fokus penelitian dalam penelitian ini Bagaimana perencanaan pengembangan program pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan budaya keagamaan di SDN Bletok Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo? Bagaimana pelaksanaan pengembangan program pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan budaya keagamaan di SDN Bletok Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo? dan Bagaimana pengawasan pengembangan program pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan budaya keagamaan di SDN Bletok Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo?
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif analisis, dengan jenis studi kasus, sumber data yang diambil dari data primer dan sekunder, untuk informan penelitian ini, menggunakan tehnik purpossive sampling dan penggunaan snowball sampling sedangkan Teknik Pengumpulan Data, Teknik Wawancara Mendalam (indepth wawancara) Observasi, dan Metode Dokumentasi, analisa data menggunakan model interaktif, sedangkan pengujian keabsahan data dalam penelitian ini peneliti menggunakan Triangulasi Sumber.
Hasil dari penelitian ini adalah Pertama, Perencanaan pengembangan program pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan budaya keagamaan di SDN Bletok Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo adalah , 1) Adanya buku pintar, 2) Penugasan pada para kepala urusan untuk membuat rancangan baru untuk melengkapi keberhasilan kegiatan tahun lalu kemudian dibahas melalui rapat khusus, 3) Mutu menjadi pertimbangan utama dalam penyusunan perencanaan, 4) Nilai-nilai karakter menjadi prioritas utama, 5) Rencana strategis lebih pada pendekatan bottom up, 6) Perencanaan pengembangan program pembelajaran pendidikan agama islam dalam meningkatkan budaya keagamaan dilakukan oleh guru agama.
Kedua, Pelaksanaan, 1) Roling tanggung jawab job diskription pada tanggung jawab pengembangan budaya, 2) Terdapat pada Quality Insurence (Jaminan Mutu) pembiasaan keagamaan, 3) Model uswah guru.
Ketiga, Pengawasan, 1) Kontrol secara internal dan eksternal 2) Evaluasi dilakukan oleh supervisor sekolah, 3) Tolak ukur keberhasilan jika rata-rata seluruh siswa berprestasi secara akademik, berkepribadian baik sesuai dengan nilai-nilai agama, berdaya saing dan berwawasan global, 4) Monitoring dilakukan oleh komponen sekolah dan Tim agama, 5) Monitoring dilakukan setiap akhir semester, 6) Objek objek dari monitoring tingkah laku maupun kegiatan pembiasaan yang dilakukan oleh anak- anak. 7) Nilai dari pembiasaan keagamaan untuk mengetahui seberapa jauh capaian dari Quality Insurence yang sudah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Program Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Budaya Keagamaan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 18 Aug 2020 02:49
Last Modified: 18 Aug 2020 02:49
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/173

Actions (login required)

View Item View Item