STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KASUS DI SMA ISLAM AL-MARIF PANDAN INDAH LOMBOK TENGAH)

Rozi, Fahrur (2020) STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KASUS DI SMA ISLAM AL-MARIF PANDAN INDAH LOMBOK TENGAH). Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (cover dan abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (269kB)
[img] Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (113kB)
[img] Text (bab 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (56kB)
[img] Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (73kB)
[img] Text (tesis full text)
Tesis Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena sudah banyak orang yang menganggap pendidikan agama Islam itu tidak penting lagi dan cenderung meremehkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Islam Al-Ma’rif Pandan Indah dan tife kepemimpinan yang digunakan serta faktor pendukung dan penghambat kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Islam Al-Ma’rif Pandan Indah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian ini di SMA Islam Al-Ma’rif Pandan Indah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Islam Al-Ma’rif Pandan Indah tahun pelajaran 2019/2020 adalah, memotivasi guru pendidikan agama Islam untuk berkreasi dan inovasi dalam menggunakan strategi pembelajaran aktif pada proses pembelajaran pendidikan agama Islam, meningkatkan profesionalisme guru pendidikan agama Islam melalui seminar-seminar, workshop, meningkatkan kesejahteraan guru pendidikan agama Islam, menerapkan kedisiplinan guru, karyawan, dan siswa baik pada waktu masuk sekolah, pulang sekolah, maupun dalam proses belajar mengajar, mengembangkan budaya akhlak yang baik pada segenap warga sekolah melalui keteladanan, meningkatkan keimanan dan ketakwaan siswa dengan penambahan jam khusus untuk tadarus Al-Qur’an dan shalat Dhuha. Di sekolah ini tipe kepemimpinan yang digunakan adalah tipe demokratais namun juga terkadang tipe otoriter sesuai dengan situasi dan kondisi. Sedangkan faktor pendukung kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Islam Al-Ma’rif Pandan Indah adalah, letak sekolah strategis serta lingkungan/iklim yang kondusif dan inovatif bagi proses pembelajaran pendidikan agama Islam, kepemimpinan kepala sekolah yang demokratis. Adapun faktor penghambatnya adalah, peserta didik kurang istiqomah dalam mengamalkan kegiatan keagamaan di rumah, kurangnya kesadaran orangtua dalam memotivasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan kepala sekolah, pendidikan agama Islam, strategi meningkatkan mutu pembelajaran.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 16 Feb 2023 07:41
Last Modified: 16 Feb 2023 07:41
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1723

Actions (login required)

View Item View Item