PROGRAM PEMBELAJARAN DALAM PEMBENTUKAN KOMPETENSI BAHASA ASING DAN TEKNOLOGI INFORMASI SISWA (STUDI KASUS DI MA TEKNOLOGI INFORMASI BERLIAN KUTOREJO MOJOKERTO)

Diah, Atika Pramono (2022) PROGRAM PEMBELAJARAN DALAM PEMBENTUKAN KOMPETENSI BAHASA ASING DAN TEKNOLOGI INFORMASI SISWA (STUDI KASUS DI MA TEKNOLOGI INFORMASI BERLIAN KUTOREJO MOJOKERTO). Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (393kB)
[img] Text (BAB 1 (Pendahuluan))
2. BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (221kB)
[img] Text (BAB Akhir (Penutup))
3. BAB Akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (68kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (153kB)
[img] Text (Tesis Utuh)
5. Tesis Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Salah satu kecakapan yang harus dimiliki siswa pada era digital dan arus globalisasi adalah kemampuan berbahasa asing dan penguasaan teknologi informasi. MASTI Berlian sebagai Madrasah Aliyah Teknologi Informasi mempunyai program pembelajaran untuk membentuk kompetensi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan program-program pembelajaran dalam rangka pembentukan kompetensi bahasa asing dan teknologi informasi siswa di MASTI Berlian.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Kehadiran peneliti sebagai pengamat langsung guna menganalisis secara mendalam dan utuh. Sumber data berasal dari kegiatan pembelajaran. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman yang terdiri dari koleksi data, reduksi data, display data, dan verifikasi data. Uji keabsahan data berupa triangulasi sumber dan teknik serta diskusi rekan sepekerjaan.
Berdasarkan hasil analisis sumber data, diketahui bahwa program pembentukan kompetensi bahasa asing berfokus pada program pembelajaran Bahasa Inggris dan Bahasa Arab. Program tersebut terbagi menjadi ko-kurikuler, intra-kurikuler dan ekstra-kurikuler. Kegiatan ko-kurikuler berupa pembiasaan, yaitu English Morning untuk kelas X, Muhadatsah Lughatil Arabiyah, dan Shobahul Lughah untuk Kelas XI. Intra-kurikuler diisi dengan mata pelajaran Bahasa Inggris dan Bahasa Arab. Sedangkan kegiatan ekstra-kurikuler terdiri dari Kelas Peminatan Bahasa Inggris dan Kelas Peminatan Bahasa Arab. Program pembentukan kompetensi teknologi informasi juga terbagi menjadi 3 jenis kegiatan. Ko-kurikuler untuk kelas X berupa Pelatihan Microsoft Office dan Pelatihan Desain 2D & 3D untuk kelas XI. Intra-kurikuler diisi dengan pembelajaran Multimedia: Graphic Design & Video Editing untuk kelas X dan bagi kelas XI ada pembelajaran Mobile Programming. Kelas Peminatan IT sebagai kegiatan eksta-kurikuler bidang teknologi Informasi. Selain itu, siswa juga mengikuti workshop dan kompetisi sesuai dengan minatnya. Siswa telah menguasai masing-masing kompetensi yang dibuktikan dengan hasil portofolio berupa desain pamflet, hasil fotografi, editing video pendek dan video pembelajaran bahasa asing, serta ikut serta dalam speech contest.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Program Pembelajaran, Pembentukan Kompetensi, Bahasa Asing, Teknologi Informasi, Madrasah Aliyah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 30 Jan 2023 07:27
Last Modified: 30 Jan 2023 07:27
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1705

Actions (login required)

View Item View Item