Manajemen Pendidikan Karakter Di Madrasah Bertaraf Internasional Amanatul Ummah Pacet

Rangkuti, Hendra Rizki (2020) Manajemen Pendidikan Karakter Di Madrasah Bertaraf Internasional Amanatul Ummah Pacet. Masters thesis, Institut KH Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (242kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (358kB)
[img] Text (Bab Akhir Penutup dan Kesimpulan)
BAB Akhir Penutup dan Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (233kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (316kB)
[img] Text (Tugas Akhir Utuh)
TUGAS AKHIR UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Globalisasi selain membawa dampak positif juga membawa dampak negatif. Dahulu para siswa masih menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran, sekarang nilai-nilai itu digeser oleh nilai-nilai yang serba instan, antara lain tidak perlu lagi belajar keras untuk mendapatkan nilai yang baik, sebab dengan menyontek saja nilai yang bagus itu akan bisa dicapai dan naik kelas, perilaku menyimpang lainnya seperti merokok di sekolah, minum-minuman keras dan narkoba (drugs), terlibat tawuran, serta perilaku lainnya yang mengancam rusaknya perkembangan dasar nilai, merupakan persoalan atau masalah yang menghantui kalangan remaja. Tanggung jawab yang besar untuk membantu remaja menghadapi permasalahan-permasalahan di atas umumnya diserahkan kepada sekolah. Sekolah diharapkan menjadi laboratorium perubahan masyarakat atau tempat berlangsungnya revolusi mental. Oleh karena pentingnya tanggung jawab ini, maka sekolah perlu ada perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang baik terkait pendidikan karakter.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis (1) Perencanaan Pendidikan Karakter (2) Pelaksanaan Pendidikan Karakter dan (3) Evaluasi Pendidikan Karakter yang diterapkan dalam Madrasah Bertaraf Internasional Amanatul Ummah Pacet Mojokerto.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang ditentukan yaitu koordinator MBI dan wakil-wakil koordinator. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data terdiri dari reduksi data, interpretasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi, dan diskusi antar teman.
Hasil penelitian di MBI Amanatul Ummah Pacet Mojokerto adalah 1) Perencanaan pendidikan karakter yaitu a) Grand idea meliputi visi, misi, dasar pendirian, komitmen madrasah, 7 kunci sukses santri dan tujuan peruntukan santri di masa depan, b) Pra rapat kerja, c) Rapat kerja. 2) Pelaksanaan pendidikan karakter yaitu a) Pembinaan peserta didik baru b) Program pembinaan dan pengembangan bakat c) Program pembinaan organisasi santri d) program pembinaan siswa e) agenda tahunan madrasah f) Penerapan program kurikulum Muadalah g) Penerapan program kepesantrenan 3) Evaluasi pendidikan karakter terdiri dari a) Evaluasi berlangsung on the spot atau langsung di tempat kejadian b) Evaluasi langsung oleh guru di dalam kelas c) Evaluasi mingguan yang dilakukan oleh fungsionaris dan wali kelas. d) Evaluasi bulanan e) Evaluasi tahunan f) Evaluasi berdasarkan masukan, kritik, dan saran baik dari santri, wali santri maupun masyarakat sekitar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pendidikan Karakter
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 18 Aug 2020 02:32
Last Modified: 18 Aug 2020 02:32
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/170

Actions (login required)

View Item View Item