LITERASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 (Study Kasus Di Madrasah Aliyah Nurul Huda Koncer Darul Aman Tenggarang Bondowoso)

Ubaidillah, Ubaidillah (2020) LITERASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 (Study Kasus Di Madrasah Aliyah Nurul Huda Koncer Darul Aman Tenggarang Bondowoso). Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (cover dan abstrak)
1. COVER DAN ABSTRAK_UBAIDILLAH.pdf - Published Version

Download (145kB)
[img] Text (pendahuluan)
2. PENDAHULUAN_UBAIDILLAH.pdf - Published Version

Download (258kB)
[img] Text (penutup)
3. PENUTUP_UBAIDILLAH.pdf - Published Version

Download (54kB)
[img] Text (daftar pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA_UBAIDILLAH.pdf - Published Version

Download (182kB)
[img] Text (full teks tesis)
TESIS FULL TEXT_UBAIDILLAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Peningkatan literasi dalam abad ke-21 merupakan hal yang harus dilakukan generasi muda melalui sekolah. Namun faktanya hal tersebut belum nampak pada proses pembelajaran baik di dalam atau di luar kelas. Salah satu faktor yang mempengaruhi hal tersebut dapat terjadi adalah karena anak-anak lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bermain HP dari pada membaca buku. Oleh karena itu, adanya Gerakan Literasi Sekolah agar peserta didik memiliki budaya membaca dan menulis sehingga tercipta pembelajaran sepanjang hayat.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penelitian dilakukan di Madrasah Aliyah Nurul Huda Koncer Darul Aman Tenggarang Bondowoso. Subjeknya adalah kepala sekolah, guru, pustakawan, peserta didik dan data pendukung lainnya dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi.
Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indikator dari kegiatan program literasi Pendidikan Agama Islam, mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan literasi Pendidikan Agama Islam dan mengetahui faktor penghambat dan pendukung guru Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan literasi Pendidikan Agama Islam siswa Madrasah Aliyah Nurul Huda Koncer Darul Aman Tenggarang Bondowoso pada Era 4.0.
Hasil penelitian ini adalah; (1). Indikator literasi Pendidikan Agama Islam siswa Madrasah Aliyah Nurul Huda Koncer Darul Aman Tenggarang Bondowoso pada Era 4.0 yaitu; Mengenal dan mengetahui segala buku yang telah direkomendasikan sekolah. Menulis dengan bersungguh-sungguh dan mengevaluasi secara kritis dari tulisan yang dibuatnya dan memberi makna bagi teks yang dibaca dan dibuatnya. mampu menampilkan aktifitas literasi yang bisa diakses secara komunal (secara luas). Literasi itu membentuk sebuah karakter. Literasi membentuk kolaborasi. (2). Upaya guru Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan literasi Pendidikan Agama Islam siswa Madrasah Aliyah Nurul Huda Koncer Darul Aman Tenggarang Bondowoso pada Era 4.0 adalah : Memasukkan literasi ke dalam mata pelajaran melalui RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Membaca 15 Menit Sebelum KBM Dimulai. Mengadakan Lomba Literasi Pada Tiap Semester. Menyediakan Taman Baca. Menyediakan Perpustakaan Kelas. Menjadikan Perpustakaan Sebagai sentral kegiatan. Mengadakan Kegiatan literasi Berbasis 4.0. Evaluasi dilakukan satu minggu sekali yaitu Musyawaroh Guru Mata Pelajaran (MGMP). (3). Faktor pendukung sangat di pengaruhi oleh kerja sama yang baik antar civitas akademik, yayasan, guru, peserta didik dan orang tua, fasilitas sekolah, kepercayaan orang tua dan dukungan masyarakat kepada sekolah. Faktor penghambat di Madrasah Aliyah Nurul Huda Koncer Darul Aman Tenggarang Bondowoso terletak pada peserta didik tidak hanya mengikuti satu kegiatan di madrasah, kurangnya kedisiplinan peserta didik, Keterbatasan waktu dan padatnya kegiatan madrasah serta guru yang tidak hadir untuk mengajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Literasi, Pendidikan Agama Islam, Era Revolusi Industri 4.0. Siswa Madrasah Aliyah Nurul Huda.
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 23 Jan 2023 09:11
Last Modified: 23 Jan 2023 09:11
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1688

Actions (login required)

View Item View Item