Abdul, Wahab (2021) MANAJEMEN KURIKULUM SANGGAR KUTUBUT TUROST DI SMP BILINGUAL TERPADU 2 JUNWANGI SIDOARJO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
1. caver abstrak.pdf - Published Version Download (503kB) |
|
Text (Bab I)
2. BAB I.pdf - Published Version Download (346kB) |
|
Text (Bab V)
3. BAB AKHIR.pdf - Published Version Download (259kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (300kB) |
|
Text (Tugas Akhir)
5. Tugas Akhir.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Melalui manajemen kurikulum yang baik sebuah lembaga pendidikan berciri khas Islam dibawah naungan pesantren yang mengkolaborasikan pendidikan umum dan agama islam dalam bingkai pendidikan islam terpadu yang memberikan pembelajaran untuk memantabkan kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritual, kecerdasan sosial melalui penerapan dan pembiasaan nilai – nilai islam.
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis : (1)
perencanaan kurikulum; (2) pengorganisasian kurikulum; (3) pelaksanaan kurikulum; dan (4) evaluasi kurikulum di SMP Bilingual Terpadu 2 Junwangi Sidoarjo
Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Perencanaan kurikulum Sanggar Kutubut Turost di SMP Bilingual Terpadu 2 berdasarkan pada visi, misi, dan tujuan sekolah. (2) Pengorganisasian kurikulum Sanggar Kutubut Turost di SMP Bilingual Terpadu 2 dibagi menjadi empat bidang yang menangani tugas secara proporsioal tujuannya untuk mempermudah pelaksanaan kurikulum. Empat bidang tersebut meliputi: Bidang Kesantrian yang terdiri dari dewan santri dan program SKT dan STE, Bidang Kurikulum ( 7 kewajiban santri) menangani disiplin sholat, disiplin Bahasa, disiplin Belajar, disiplin kebersihan dan disiplin keamanan, Bidang ekstra kurikuler diantaranya tausiyah dan pengajian ACEN, PGPQ dan membaca Al Qur’an, Muhadharah, Haulya qoryah, PJ Guest House dan ektra ekstra lainya dan bidang ekonomi pesantren diantaranya koperasi, kantin & resto, ALBER dan Wartel. (3) Pelaksanaan kurikulum yaitu tingkat kelas melalui pembagian tugas mengajar dan tingkat pesantren melalui kegiatan pembelajaran di kelas dan kegiatan di luar kelas. (4) Evaluasi kurikulum yang dilakukan di Sanggar Kutubut Turost di SMP Bilingual Terpadu 2 berdasarkan beberapa hal, yaitu: berdasarkan kebutuhan dan kesesuaian, dan berdasarkan usulan-usulan yang didasarkan pada hasil ujian semester dan pengamatan yang dilakukan oleh wali kelas dan asatidz. Sedangkan evaluasi kurikulum yang dilakukan oleh Sanggar Kutubut Turost di SMP Bilingual Terpadu 2 ada tiga, evaluasi dalam bidang kognitif, evaluasi dalam bidang karakter dan kepribadian dan terakhir evaluasi dalam bidang kedisiplinan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Kurikulum. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 23 Jan 2023 09:07 |
Last Modified: | 23 Jan 2023 09:07 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1684 |
Actions (login required)
View Item |