Muchamad, Syaifudin (2021) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SDN CURAHDUKUH II KECAMATAN KRATON KABUPATEN PASURUAN. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrac.pdf - Published Version Download (244kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I UJIAN watermark.pdf - Published Version Download (578kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V UJIAN water.pdf - Published Version Download (159kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA water.pdf - Published Version Download (112kB) |
|
Text (TESIS FULL MUCHAMAD SYAIFUDIN PAI 2021)
tesis muchamad syaifudin upload repository ikhac 2021.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Kurikulum yang sekarang ini dianggap pemerintah paling mampu menjadi pandangan baru dalam fokus acuan pendidikan adalah kurikulum 2013. Pendekatan ilmiah (scientific) yang terdiri dari mengamati, menanya,menalar, mencoba dan mengkomunikasikan.Jika dilihat dari langkah- langkah pendekatan saintifik, sepertinya akan mudah jika pendekatan ini diterapkan dalam mata pelajaran sains,seperti mengamati objek, mencari informasi, menalar, mencoba, dan seterusnya. Namun, bagaimana jika penerapan pendekatan ini diterapkan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) maka dari situ peneliti memfokuskan penelitian mendiskripsikan cara guru dalam mengimplementasikan pembelajaran PAI dengan pendekatan sintifik pada peserta didik kelas I-VI Studi di SDN Curahdukuh II.
Adapun secara istilah terkait implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran PAI yakni penerapan pemikiran yang terencana terkait proses pembinaan secara rasional yang dituangkan di dalam pada kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran pendidikan agama islam.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jika ditinjau dari sudut kemampuan atau kemungkinan penelitian dapat memberikan informasi atau penjelasan maka penelitian ini termasuk penelitian termasuk penelitian deskriptif. Untuk menguji data digunakan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas data, uji transferabilitas, uji dependabilitas, uji konfirmabilitas.
Hasil penelitannya adalah Pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru Pendidikan Agama Islam dengan pendekatan saintifik di SDN Curahdukuh II meliputi tiga tahapan utama yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti (mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengomunikasikan), dan kegiatan penutup.
Kesimpulan yang bisa diambil ialah : (1) Pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru Pendidikan Agama Islam dengan pendekatan saintifik di SDN Curahdukuh II yaitu menyiapkan perangkat pembelajaran berupa program tahunan, program semester, silabus, dan RPP(2) Pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru Pendidikan Agama Islam dengan pendekatan saintifik di SDN Curahdukuh II meliputi tiga tahapan utama yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti (mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengomunikasikan), dan kegiatan penutup. (3) Penilaian dan evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru Pendidikan Agama Islam dengan pendekatan saintifik di SDN Curahdukuh II adalah evaluasi proses dan hasil belajar dengan penilaian test dan non tes
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Dr. H. Masyhudi, M.Ag |
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Pembelajaran PAI, Pendekatan Saintifik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 23 Jan 2023 08:33 |
Last Modified: | 23 Jan 2023 08:33 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1683 |
Actions (login required)
View Item |