Akmad, Chostholani (2021) STRATEGI MADRASAH DALAM MENGUATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI MI TARBIYATUL ISLAMIYAH DRIYOREJO GRESIK. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version Download (364kB) |
|
Text (Bab 1)
BAB I (pendahuluan).pdf - Published Version Download (751kB) |
|
Text (Bab V)
BAB akhir (penutupKesimpulan).pdf - Published Version Download (233kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (327kB) |
|
Text (Tesis Full)
TESIS Watermark Akmad chostholani MPI fix.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kepala Madrasah merupakan orang yang sangat berpengaruh dalam keberhasilan strategi di madrasah. Untuk itu program pembinaan kompetensi guru sangat penting karena dengan diadakannya kegiatan pembinaan akan meningkatkan kualitas guru dan secara langsung juga akan meningkatkan kualitas madrasah. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah strategi dalam menguatkan kualitas pendidikan disuatu madrasah.
Fokus penelitian dari penelitian ini antara lain : 1)Bagaimanakah strategi perencanaan menguatkan kualitas pendidikan di Madrasah Tarbiyatul Islamiyah?, 2)Bagaimanakah pelaksanaan menguatkan kualitas pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Islamiyah ?, 3)Bagaimanakah evaluasi berkaitan dengan kualitas pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Islamiyah Driyorejo Gresik ? sehingga madrasah dapat memenuhi pencapaian 8 standart pendidikan yang dicanagkan oleh pemerintah.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif karena penelitian ini mendiskripsikan dan memberikan gambaran bagaimana proses menguatkan kualitas pada sebuah madrasah dengan cara melakukan obsersfasi maupun pengamatan secara langsung ke madrasah Ibtida’iyah Tarbiyatul Islamiyah, penelitian ini dilakukan kurang lebih selama 3 bulan. Dengan metode yang digunakan adalah observasi, Dokumentasi dan wawancara dengan responden secara langsung.
Sedangkan tujuan penelitian yang terkait dengan menguatkan kualitas pendidikan dimadrasah secara keseluruhan agar lembaga memiliki daya saing dalam dunia pendidikan baik dari tenaga pendidikan dan non pendidikan serta lulusan yang memiliki daya saing yang baik .Hasil dari penelitian ini adalah bagaimana strategi mdrasah dalam menguatkan kualiatas pendidikan di madrasah, baik dilihat dari perencanaan, pelaksanaan, maupun evaluasi sangat dipengaruhi oleh kepala madrasah sebagai lider. Karena segala strategi maupun kebijakan yang digunakan oleh kepala madrasah menentukan kualitas dari suatu lembaga pendidikan yang dipimpin. Ada beberapa hal yang dilakukan kepala Madrasah Tarbiyatul Islmiyah dalam menguatkan kualitas pendidikan antara lain : 1)Memberikan contoh tindakan secara langsung dengan disiplin waktu, 2) Melakukan pelaksanaan kegiatan yang terprogram dan konsisten, 3) Selalu melakukan evaluasi program yang dilaksanakan baik evaluasi dari dalam maupun dari luar sehingga memperoleh hasil yang akuntabel .
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi kepala Madrasah, menguatkan kualitas pendidikan |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 12 Jan 2023 10:04 |
Last Modified: | 12 Jan 2023 10:04 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1647 |
Actions (login required)
View Item |