Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas IV Pembelajaran Matematika di MI The Noor

Sri, Handayani (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas IV Pembelajaran Matematika di MI The Noor. Diploma thesis, Institut Pesantren KH Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER_ABSTRAK[1][1][1].pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB_I[1].pdf - Published Version

Download (578kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB_V[1].pdf - Published Version

Download (240kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAPUS[1].pdf - Published Version

Download (346kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas_Akhir_Full_Text[1].pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru di sekolahan MI The Noor khususnya dalam penggunaan odel pembelajaran masih sangat kurang, hal ini dibuktikan dari hasil belajar peserta didik yang masil banyak dibawah KKM, selain itu saat proses belajar mengajar dilakukan, peserta didik kurang bersemangat dalam mengikuti pelajaran hal ini sangat berpengaruh terhadap pemahaman yang diinginkan. Oleh karena itu dalam proses pembelajaran harus mampu memilih model pembelajaran yang tepat, model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournamen sangat cocok untuk digunakan dalam pembelajaran, karena model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournamen dapat membangkitkan semangat peserta didik dalam proses pembelajaran, dan juga materi yang disampaikan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournamen sangat jelas sehingga akan berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournamen terhadap motivasi belajar peserta didik kelas IV bab Keliling dan luas bangun datar persegi, persegi panjang, dan segi tiga. Design penelitian yang dilakukan adalah One Group Pretes Postes. Populaasi penelitian terdiri dari 88 peserta didik kelas I, II, III, IV, V. VI dan 20 peserta didik kelas IV sebagai sampel. Hasil analisis data dengan menggunakan uji Paired sampel t-tes didapatkan nilai Sig. (2-tailed) seberas 0,000, yang artinya dari hasil uji tersebut didapatkan nilai lebih kecil dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament terhadap motivasi beljara peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Teams Games Tournament, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S1 PGMI IKAHC
Date Deposited: 12 Jan 2023 10:31
Last Modified: 12 Jan 2023 10:31
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1646

Actions (login required)

View Item View Item