BAYU PERDANA, DINAMBAR (2020) KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMP ISLAM TERPADU AL-AHZAR KECAMATAN KUTOREJO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (COVER DAN ABSTRAK)
1. BAYU_COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (45kB) |
|
Text (BAB PENDAHULUAN)
2. BAYU_TESIS PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (187kB) |
|
Text (BAB PENUTUP)
3. BAYU_TESIS PENUTUP.pdf - Published Version Download (62kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. BAYU_TESIS DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (125kB) |
|
Text (TESIS FULL TEXT)
5. BAYU_TESIS FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (953kB) |
Abstract
Kepala sekolah adalah pemimpin yang mengorganisir kegiatan secara umum
dengan kata lain merupakan motor penggerak, penentu arah kebijakan di sekolah.
Sedangkan guru merupakan salah satu faktor utama yang sangat mempengaruhi
suatu nilai didalam pendidikan. Guru yang memiliki kinerja tinggi akan
menghasilkan produktivitas kerja yang telah di riencanakan Begitupun sebaliknya,
guru yang memiliki level kinerja rendah, maka guru tersebut merupakan guru yang
tidak produktif. hal ini merupakan keterkaitan kepemimpinan kepala sekolah dalam
suatu lembaga, sehingga peneliti merumuskan. 1). Bagaimana Kepemimpinan
kepala sekolah? 2). Bagaimana strategi kepala sekolah meningkatkan kinerja guru?
3). Apa yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat dari kepemimpinan
kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP IT Al-Azhar Kecamatan
Kutorejo Kabupaten Mojokerto?
Jenis Penelitian yang dilakukan adalah kualitatif bersifat deskriptif.
Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumetasi dengan
tekhnik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan.
Hasil peneltian ini menunjukkan Kepala sekolah SMP Islam Terpadu AlAzhar memiliki sifat yang baik dan ramah yang membuat semua guru dan pegawai
merasa nyaman dan termotivasi dalam meningkatkan kinerjanya dalam
pembelajaran. Stategi yang digunakan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja
guru adalah Memotivasi guru, yaitu memberikan penghargaan baik berupa pujian
maupun insentif tambahan kepada para guru yang memiliki kontribusi lebih bagi
lembaga. Menempatkan guru sesuai dengan kompetensinya, Meningkatkan
profesioanlisme guru melalui seminar-seminar, workshop, dan pelatihan lainnya.
sesuai bidang kompetensinya. Melaksanakan supervisi, dengan berupaya
mengontrol dan mengevaluasi perkembangan sekolah terutama dalam hal
peningkatan kinerja guru dengan cara selalu melakukan supervisi sekolah. Adapun
factor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kinerja guru adalah karena
semua guru yang berkerja di SMP Islam Terpadu merupakan guru yang telah lulus
dari program strata 1 (S1) dengan kompetensi bidangnya masing-masing.
Sedangkan untuk penghambat adalah banyaknya guru yang mengundurkan diri
dikarenakan menikah. Sehingga harus ikut dengan semua yang tinggal jauh dari
sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan, kepala Sekolah kinerja guru |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 12 Jan 2023 07:31 |
Last Modified: | 12 Jan 2023 07:31 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1642 |
Actions (login required)
View Item |