Muhammad Hasyim, Asy'ari (2022) SUPERVISI KLINIS KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH NURUL YAQIN BESUKI SITUBONDO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim Mojokerto.
Text (Cover dan Abstrak)
1. COVER ABSTRAK.pdf - Published Version Download (538kB) |
|
Text (BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version Download (419kB) |
|
Text (BAB V)
3. BAB V.pdf - Published Version Download (63kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (271kB) |
|
Text (Tesis Full Teks)
5. Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Supervisi merupakan pelayanan kepada guru yang bertujuan menghasilkan perbaikan instruksional, belajar dan kurikulum. supervisi diartikan sebagai bantuan, pengarahan,bimbingan kepada guru dalam bidang instruksional, belajar dan kurikulum. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana perencanaan supervisi klinis kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Aliyah Nurul Yaqin Besuki Situbondo, 2) Bagaimana pelaksanaan supervisi klinis dalam meningkatkan kinerja di di Madrasah Aliyah Nurul Yaqin Besuki Situbondo, 3) Bagaimana kinerja guru setelah dilaksanaan supervisi klinis di di Madrasah Aliyah Nurul Yaqin Besuki Situbondo.
Metode penelitian dalam tesis ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif, pengumpulan data dapat menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perencanaan Program supervisi klinis di Madrasah Aliyah Nurul Yaqin Besuki Situbondo sudah dilaksanakan dengan baik, kepala sekolah sudah membuat rencana, menyusunan program dan menjalankan program supervisi klinis. Program yang direncanakan kepala sekolah dalam melakukan supervisi klinis itu ada perminggu, perbulan dan persemester. Supervisi klinis yang ditelah dilaksanakan oleh kepala sekolah di Madrasah Aliyah Nurul Yaqin Besuki Situbondo sangat memberikan keuntungan kepada guru-guru, sehingga guru mengetahui akan kelemahan dan kekurangannya dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik yang profesional. 2) Pelaksanaan supervisi klinis kepala sekolah terhadap kinerja guru di Madrasah Aliyah Nurul Yaqin Besuki Situbondo hal ini dapat dilihat terwujudnya kompetensi professional guru di sekolah yang mencakup keterampilan guru dalam menyusun rencana pembelajaran, mengelola dan melaksanakan pembelajaran serta melakukan evaluasi pembelajaran yang merupakan indikator guru professional. Kinerja guru melalui pelaksanaan supervisi klinis sudah berjalan dengan baik dan sudah sesuai dengan prosedur sebagaimana mestinya yaitu melalui persiapan awal, pertemuan awal, proses supervisi dan pertemuan balikan. 3) Kinerja guru setelah dilaksanakan supervisi klinis oleh kepala sekolah mengalami peningkatan yang signifikan dari kriteria kinerja kurang menjadi baik
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Supervisi Klinis, Kinerja Guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 12 Jan 2023 08:14 |
Last Modified: | 12 Jan 2023 08:14 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1634 |
Actions (login required)
View Item |