Implementasi Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Siswa di SMK Negeri 1 Tanah Grogot

Hasanul, Muqfy (2020) Implementasi Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Siswa di SMK Negeri 1 Tanah Grogot. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (94kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (574kB)
[img] Text (BAB V Penutup dan Kesimpulan)
BAB V Penutup dan Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (95kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (312kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Membentuk karakter merupakan sebuah proses yang penting untuk menerapkan nilai-nilai kehidupan dalam kepribadian siswa sehingga menjadikan siswa tersebut insan kamil, menjadi manusia yang seutuhnya, orang yang berperilaku dalam kehidupan dan bermasyarakat. Untuk membentuk karakter tidak mudah maka dari itu diperlukan pembiasaan dan keteladanan dari seorang guru. Untuk membentuk karakter itu perlu strategi yang diterapkan dalam pembelajaran sehingga tujuan membentuk karakter tercapai.
Fokus penelitian ini ialah untuk mengetahui: (1) strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai pembentukan karakter siswa di SMK Negeri 1 Tanah Grogot, (2) faktor penghambat dan pendukung dalam pembentukan karakter siswa di SMK Negeri 1 Tanah Grogot dan (3) Solusi mengatasi hambatan dalam pembentukan karakter siswa di SMK Negeri 1 Tanah Grogot.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan jenis penelitian lapangan di SMK Negeri 1 Tanah Grogot. Teknik pengumpulan data yang dilakukan lebih fokus kepada wawancara dan dokumentasi serta observasi. Teknik analisis yang digunakan dengan model Miles dan Huberman yaitu, reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (verification).
Dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter siswa di SMK Negeri 1 Tanah Grogot adalah sebagai berikut: (1) Strategi Pembelajaran dalam pembentukan karakter siswa ketika pembelajaran di kelas dengan membuat membuat suasana nyaman/kondusif, mengondisikan fisik dan psikis siswa, menyesuaikan tingkat materi, dan menyampaikan materi sedikit demi sedikit sesuai dengan pemahaman siswa. Menumbuhkembangkan nilai-nilai karakter pada diri siswa.(2) Faktor pendukung dalam pembentukan karakter diantaranya ialah dengan fasilitas yang memadai serta sarana dan prasarana yang relatif lengkap, program yang bermanfaat (salat Duha, salat Zuhur berjamaah, infak/Jumat amal, majelis taklim, tahsinul Quran dan ekskul lainnya). Adapun faktor penghambat ialah faktor internal yakni siswa itu sendiri dan faktor eksternal ialah faktor lingkungan dan pengaruh pergaulan. (3) Solusi untuk mengatasi hambatan tersebut adalah dengan penerapan poin pelanggaran disertai pengarahan dan bimbingan oleh waka kesiswaan dan guru-guru bersangkutan solusi lainnya dalam pembelajaran ialah menjadikan guru yang profesional serta dapat memanajemen waktu dan menjadi suri tauladan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Strategi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 PAI IKHAC
Date Deposited: 04 Aug 2020 05:15
Last Modified: 04 Aug 2020 05:15
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/16

Actions (login required)

View Item View Item