ANALISIS TENTANG POLA PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DI PONDOK PESANTREN NURUL HIDAYAH

Inawati, inawati (2020) ANALISIS TENTANG POLA PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DI PONDOK PESANTREN NURUL HIDAYAH. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (135kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (239kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (87kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (207kB)
[img] Text (FULL TESIS)
FULL TESIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan kewirausahaan sangatlah penting bagi generasi muda Indonesia. Fungsi pendidikan kewirausahaan adalah menyiapkan siswa menjadi manusia Indonesia seutuhnya yang mampu meningkatkan kualitas hidup, mampu mengembangkan dirinya, dan memiliki keahlian dan keberanian membuka peluang meningkatkan penghasilan. Kegiatan kewirausahaan yang ada di Pondok Pesantren Nurul Hidayah antara lain penjualan majalah pesantren, penanaman pohon sengon, jabon, dan lain-lain, kaffah aqiqah dan catering ( menyediakan kambing aqiqah, tasyakuran, dan walimah mentah dan siap saji ), rental mobil untuk keluarga ( khusus untuk keluarga besar Pondok Pesantren Nurul Hidayah, donator dan wali murid ) dan budidaya jahe. Setiap santri melakukan kegiatan kewirausahaan yang ada di pondok pesantren. Pada penjualan majalah pesantren setiap santri menjajahkan sendiri kepada para konsumen khususnya para donatur di luar jam sekolah atau para santri menitipkan majalahnya di toko buku maupun kios-kios majalah.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian kualitatif ini diambil karena dalam penelitian ini sasaran atau objek penelitian dibatasi agar data – data yang diambil dapat digali sebanyak mungkin serta dalam penelitian ini tidak dimungkinkan ada pelebaran objek penelitian. Metode penentuan informan penelitian ini adalah merupakan suatu cara untuk menentukan siapa-siapa yang akan diteliti dan berapa jumlah mereka yang akan diteliti. Dimana responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah santri Pondok Pesantren Nurul Hidayah yang beralamatkan di Desa Sumberrejo Kec. Paiton. Untuk mencari kemudahan dan mendapatkan informasi yang diperlukan maka dalam penelitian dibutuhkan adanya informan. Jadi yang dimaksud dengan informan disini adalah orang dalam pada latar belakang artinya orang yang dimanfaatkan untuk memberikan informasi tentang situasi dan kondisi latar belakang penelitian.Menentukan responden menggunakan metode purposive sampling, sehingga peneliti menentukan responden yang digunakan adalah santri pondok pesantren Nurul Hidayah. Karena santri pondok pesantren Nurul Hidayah cukup banyak maka peneliti terlebih dahulu menentukan key informan. Informasi dari key informan akan mengantarkan peneliti ke informan – informan lainnya guna mendapatkan informasi yang lebih banyak lagi sampai tidak ada varian informasi lagi . Key informan dalam hal ini adalah 8 santri yang tinggal di pondok pesantren Nurul Hidayah. Melalui santri tersebut diketahui bagaimana pendidikan kewirausahaan di pondok pesantren Nurul Hidayah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa santri pondok pesantren Nurul Hidayah setelah mendapatkan pendidikan kewirausahaan berbeda antara satu dengan yang lainnya. Hal-hal yang diajarkan dalam pendidikan kewirausahaan di pesantren adalah tentang sikap kewirausahaan yang meliputi keberanian mengambil resiko,berkemauan bekerja keras,berkeyakinan kuat atas kekuatan pribadi dan pemikiran yang kreatif dan inovatif. Pondok pesantren Nurul Hidayah mempunyai beberapa usaha seperti penjualan majalah pondok pesantren Nurul Hidayah, penanaman pohon sengon, penanaman jahe dan rental mobil. Motif santri Nurul Hidayah dalam belajar kewirausahaan adalah uang dan alumni. Manfaat yang diperoleh santri dari pendidikan kewirausahaan adalah memberikan wawasan tentang kewirausahaan, membentuk sikap kewirausahaan para santri dan menambah uang saku santri. pemikiran yang kreatif dan inovatif

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Kewirausaan Pondok Pesantren
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 29 Dec 2022 10:52
Last Modified: 29 Dec 2022 10:52
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1598

Actions (login required)

View Item View Item