PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 3 TEMA 1 SUBTEMA 1 DI MIS SETIA BHAKTI TRAWAS SKRIPSI

Fadzilah, Alif Lailatul (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 3 TEMA 1 SUBTEMA 1 DI MIS SETIA BHAKTI TRAWAS SKRIPSI. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER ABSTRAK.pdf - Submitted Version

Download (543kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (301kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
BAB V.pdf - Published Version

Download (206kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR RUJUKAN.pdf - Published Version

Download (403kB)
[img] Text (Skripsi Full Taxt)
SKRIPSI FADIL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran konvensional (DI) merupakan pembelajaran yang berpusat
pada guru sehingga kurangnya pemahaman anak dan aktivitas siswa menjadi
pasif. Oleh karena itu, proses pembelajaran membutuhkan model pembelajaran
yang tepat. Model pembelajaran kooperatif merupakan pembelajaran
berkelompok yang menjadikan siswa lebih aktif dan menumbuhkan jiwa sosial
antar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa padatema 1 subtema 1 (Ciri-ciri
Makhluk Hidup). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif
two-group pretest-posttest. Populasi terdiri dari 53 siswa kelas 3A dan 3B,
seluruh populasi dijadikan sampel. Kelas 3A sebagai kelas eksperimen dengan
model pembelajaran kooperatif dan kelas 3B sebagai kelas kontrol dengan model
pembelajaran konvensional (DI). Teknik yang digunakan adalah tes.
Hasil analisis data uji paired sample t-test menunjukkan dengan nilai Sig.
(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 untuk pretest kelas eksperimen dengan posstest
kelas eksperimen, output pair 2 diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05
pada pretest kelas kontrol dengan posstest kelas kontrol. Hal ini dapat diartikan
bahwa terdapat pengaruh pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
STAD terhadap hasil belajar siswa kelas 3.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: AliflailatulFadzilah
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar, Penelitian Kuantitatif
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S1 PGMI IKAHC
Date Deposited: 19 Nov 2022 11:24
Last Modified: 19 Nov 2022 11:24
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1565

Actions (login required)

View Item View Item