STRATEGI PENGEMBANGAN KARAKTER TEAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER STAKEHOLDER DI MTS TARBIYATUL AKHLAQ, GRESIK

MUHTASHOR, MUHTASHOR (2021) STRATEGI PENGEMBANGAN KARAKTER TEAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER STAKEHOLDER DI MTS TARBIYATUL AKHLAQ, GRESIK. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
1. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I (PENDAHULUAN))
2. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (655kB)
[img] Text (BAB AKHIR (PENUTUP/KESIMPULAN))
3. BAB AKHIR (PENUTUP KESIMPULAN).pdf - Published Version

Download (398kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (620kB)
[img] Text
5. TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dewasa ini, kebutuhan masyarakat lebih mementingkan dan mengutamakan kualitas intelektual dan kompetensi dibandingkan dengan karakter. Padahal, hal tersebut belum mampu menimbulkan pembentukan karakter nasional untuk meningkatkan kualitas bangsa. Proses pembelajaran di sekolah tidak hanya melakukan kegiatan transfer of knowlagde, tetapi juga harus dibarengi dengan kegiatan transfer of values. Artinya, guru melakukan proses pembelajaran berisi tentang pengajaran ilmu pengetahuan yang juga menanamkan dan mengamalkan nilai-nilai luhur, etika, dam moral dalam kehidupan sehari-hari.
Rumusan penelitian ini ada tiga yakni bagaimana strategi pengembangan karakter team dalam pembentukan karakter di MTS Tarbiyatul Akhlaq, Gresik melalui kegiatan proses pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, dan kegiatan pembiasaan yang menjadi budaya sekolah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif karena penelitian ini mendeskripsikan dan menggambarkan penanaman serta proses pengembangan karakter peserta didik di ruang lingkup sekolah. Dalam penelitian ini, penelti mengamati, menyaksikan, dan memperhatikan secara langsung dengan turun/terjun ke lapangan (lokasi penelitian) yakni MTS Tarbiyatul Akhlaq, Gresik. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan berturut-turut. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian terkait pengembangan nilai karakter di MTS Tarbiyatul Akhlaq, Gresik sebagai berikut. Pertama, pengembangan nilai karakter di MTS Tarbiyatul Akhlaq, Gresik dilakukan melalui kegiatan pembelajaran yakni tahapan penentuan tujuan pembelajaran yang tertuang dalam Rencana Penyusunan Pembelajaran (RPP), penentuan nilai-nilai karakter, penentuan strategi dan metode pembelajaran yang relevan, dan merancang kegiatan pembelajaran yang mengembangkan nilai karakter. Kedua, pengembangan nilai karakter di MTS Tarbiyatul Akhlaq, Gresik dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuler melalui penentuan jenis kegiatan ekstrakurikuler sesuai bakat dan minat peserta didik dan kemampuan biaya madrasah, penentuan nilai-nilai karakter yang ingin dikembangkan, dan penyusunan jadwal ekstrakurikuler. Ketiga, pengembangan nilai karakter di MTS Tarbiyatul Akhlaq, Gresik dilakukan melalui pembiasaan yang menjadi budaya madrasah melalui tahapan nilai-nilai karakter; penentuan kegiatan budaya madrasah yang dipetakan ke dalam kegiatan rutin, spontan (tanpa terjadwal), dan keteladanan guru dan karyawan. Partisipasi masyarakat terutama wali siswa di MTS Tarbiyatul Akhlaq, Gresik adalah salah satu faktor utama dalam menyukseskan program pengembangan nilai karakter. Pengawasan utama dilakukan oleh kepala MTS Tarbiyatul Akhlaq, Gresik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: strategi pengembangan karakter team, pembentukan karakter stakeholder
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 12 Jan 2023 07:42
Last Modified: 12 Jan 2023 07:42
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1542

Actions (login required)

View Item View Item