siham, alhady (2020) PERAN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR INSAN TERPADU SUMBERANYAR PAITON PROBOLINGGO. Masters thesis, Instut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (283kB) |
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version Download (241kB) |
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf - Published Version Download (83kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (155kB) |
|
Text (Tesis Full)
Tesis_SIHAM_PAI_Angk. 2018 ok.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Pembelajaran Al-Qur’an sebagai suatu kegiatan interaksi belajar mengajar juga mempunyai tujuan. Adapun tujuan pembelajaran Al-Qur’an sebagaimana diungkapkan oleh prof. Dr. Mahmud Yunus sebagai berikut: “1) agar pelajar dapat membaca Al-Qur’an dengan fasih dan betul menurut tajwid. 2) agar pelajar dapat membiasakan Al-Qur’an dalam kehidupannya. 3) memperkaya pembendaharaan kata-kata dan kalimat-kalimat yang indah dan menarik hati. Pembelajaran Al-Qur’an menjadi salah satu cara dalam meningkatkan bacaan Al-Qur’an dan membantu meningkatkan pemahaman siswa dalam bidang studi PAI. Hal yang serupa dilakukan oleh lembaga SD Insan Terpadu Sumberanyar Paiton Probolinggo dalam meningkatkan pemahaman siswa dalam bidang studi PAI sehingga akan berperan penting dalam peningkatan hasil belajar atau prestasi belajar mereka.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah, 1) Bagaimana penerapan pembelajaran Al-Qur’an di SD Insan Terpadu Paiton?2) Bagaimana peran pembelajaran Al-Qur’an dalam meningkatkan prestasi siswa pada bidang studi PAI? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, 1) Penerapan pembelajaran Al-Qur’an di SD Insan Terpadu Paiton dan 2) Peran pembelajaran Al-Qur’an dalam meningkatkan prestasi siswa pada bidang studi PAI.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sedangkan tehnik penggalian data menggunakan beberapa metode diantaranya metode observasi, metode dokumentasi dan metode wawancara. Dalam penelitian ini menggunakan tehnik analisis data diskriptif kualitatif dengan menggunakan kata-kata tertulis atau lisan sebagai alat untuk menentukan keterangan mengenai apa yang ingin kita ketahui agar memberikan gambaran secara ringkas dan jelas mengenai suuatu gejala, peristiwa atau keadaan sehingga dapat ditarik kesimpulan.
Berdasarkan penelitian yang peneliti lakukan, terkait dengan peran pembelajaran Al-Qur’an dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada bidang studi PAI di SD Insan Terpadu yaitu, 1) pembelajaran Al-Qur’an dilakukan mulai awal berdiri dengan menggunakan metode Tartila pada saat ini. Dalam pelaksanaannya, pembelajaran Al-Qur’an dilakukan dengan durasi 60 menit setiap hari dengan klasifikasi kelas 1-2 pada jam 07.30-08.30 WIB dan kelas 3-6 pada jam 11.15-12.15 WIB. Strategi yang digunakan dalam metode Tartila adalah ceramah, tanya jawab, klasikal dan individual. Sedangkan untuk mengevaluasi pelaksanaannya, maka dilakukan a) Prestes, b) Tes kenaikan jilid dan c). Tashih Akhir Santri 2) Peran pembelajaran Al-Qur’an dalam meningkatkan hasil atau prestasi belajar siswa sangat penting yang dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar PAI bagi siswa yang mampu membaca Al-Qur’an dengan baik bahkan bisa dikatakan pembelajaran Al-Qur’an bisa memberikan efek positif terhadap peningkatan pemahaman siswa dalam bidang studi PAI yang berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar mereka.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Al-Qur’an, Prestasi belajar PAI |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 29 Oct 2022 09:55 |
Last Modified: | 29 Oct 2022 09:55 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1537 |
Actions (login required)
View Item |