TUBAGUS, ARYANANDA PRANOTO UTOMO (2022) MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MELALUI PROSES PEMBELAJARAN DI SD ISLAM INTEGRAL LUKMAN AL-HAKIM SITUBONDO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (757kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version Download (323kB) |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version Download (302kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (415kB) |
|
Text (TESIS FULL TEKS)
TESIS FULL TEKS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Lembaga pendidikan bergantung kepada kepala sekolah sebagai pemimpin
pendidikan. Kepala sekolah mempunyai Peran yang sangat penting dalam
memajukan lembaga yang dipimpinnya. Oleh karena itu, kepala sekolah tidak
hanya mengemban tanggung jawab sebagai seorang pemimpin akan tetapi, kepala
sekolah juga mengemban tanggung jawab sebagai seorang pembimbing yang
mana diharapkan dapat mengelola lembaga pendidikan kearah perkembangan
lebih baik dan dapat menjanjikan masa depan.
Penelitian ini dilatar belakangi sebagai upaya meningkatkan kompertensi
guru melalui proses pembelajaran karena ketatnya persaingan antar sekolah untuk
mendapatkan peserta didik dan masyarakat yang notabenenya lebih memilih
lembaga yang dapat membantu peserta didik untuk bisa langsung terjun ke dunia
kerja.Tujuan penelitian dalam tesis ini penelitian ini mendeskripsikan bagaimana
Manajemen Kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru melalui proses
pembelajaran di SD Islam Integral Lukman AL-Hakim Situbondo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan
pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian
kualitatif ini memiliki empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data,
penarikan kesimpulan dan saran. Sedangkan dalam mencari validitas atau keabsahan
data menggunakan teknik triangulasi data.
Hasil penelitian ini adalah (1) Manajemen yang dilakukan kepala sekolah
dalam meningkatkan kompetensi guru adalah sebagai berikut: (a) Mengikutkan
guru dalam diklat, pelatihan dan seminar (b) Mengedepankan kedisiplinan. (c)
Motivasi guru (d) Supervisi yang dilakukan setiap semester. (2) Melaksanakan
tugas pokok juga masih melaksankan tugas tambahan seperti kegiatan keagamaan
dan juga selalu membuat kelengkapan mengajar. (3) Faktor pendukung “Adanya
Keteladanan para pendidik dan tenaga kependidikan serta keluar besar yayasan
Al-Amin dengan mempraktikkan dokrin keislaman dalam kehidupan sehari-hari”.
Faktor penghambat ” belum adanya sarjana berbasis Qur’ani yang kompeten
sesuai gelar kesarjanaan Ilmu Alquran, sehingga perlu adanya rekrutmen tenaga
pendidik yang khusus mengembangkan kurikulum aspek Qur’ani.”
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Kepala Sekolah, Kompetensi, Pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 10 Oct 2022 03:36 |
Last Modified: | 10 Oct 2022 03:36 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1495 |
Actions (login required)
View Item |