Sri, Wahyuni (2021) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MADRASAH ALIYAH HIKMATUL AMANAH KELAS X PACET MOJOKERTO. Masters thesis, Institut Pesantren KH Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
COVER ABSTRAK.pdf - Published Version Download (499kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version Download (584kB) |
|
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V.pdf - Published Version Download (247kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (435kB) |
|
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MADRASAH ALIYAH HIKMATUL AMANAH KELAS X PACET MOJOKERTO.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Strategi merupakan usaha untuk memperoleh kesuksesan dan keberhasilan dalam mencapai tujuan. Dalam dunia pendidikan strategi dikaitkan dengan proses kegiatan belajar mengajar, di MA Hikmatul Amanah strategi guru dalam kegiatan proses belajar mengajar berdasarkan hasil observasi kurang menarik perhatian siswa. Hal ini menunjukkan masih belum optimalnya strategi guru dalam menerapkan strategi yang lebih baik sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Oleh karena itu, peneliti tertarik meneliti di MA Hikmatul Amanah Pacet Mojokerto.
Dengan merumuskan masalah penelitian 1) Bagaimana Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah Aliyah (MA) Kelas X Hikmatul Amanah? 2) apa faktor pendukung dan penghambat strategi guru dalam memotivasi belajar siswa di MA Hikmatul Amanah? Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data menggunakan metode Miles dan Huberman yaitu dengan reduksi, penyajian dan cetivikasi data. Untuk menguji keabsahan data dengan uji kredibilitas, transferability, dependability dan konfirmability.
Hasil penelitian menunjukkan 1) Guru PAI di MA Hikmatul Amanah Mojokerto telah melakukan strategi dan metode yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku di sekolah. Namun, masih terdapat kekurangan dimana guru kurangnya strategi dan metode yang bervariasi dan membosankan dalam proses pembelajaran sehingga siswa kurang termotivasi juga untuk belajar mata pelajaran pai 2) faktor penghambat strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yang dihadapi adalah kurangnya komunikasi antara guru dan orang tua, kurangnya media pembelajaran, lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah juga bisa menjadi penghambat guru ketika proses belajar mengajar. Adapun faktor pendukung strategi guru adalah dari diri siswa itu sendiri, bagaimana rasa keinginan yang kuat dan punya cita-cita yang tinggi sehingga termotivasi untuk belajar serta mendapat dukungan baik berupa perhatian, reward dan funishment, pujian dari keluarga, guru dan lingkungan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Sri Wahyuni, S.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Guru, Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 10 Oct 2022 03:33 |
Last Modified: | 10 Oct 2022 03:33 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1490 |
Actions (login required)
View Item |