PENGARUH BERMAIN PERAN TERHADAP INTERAKSI SOSIAL ANAK USIA DINI KELAS A RA THORIQUL ULUM SAJEN

Annisa, Rahmilah Bakri (2020) PENGARUH BERMAIN PERAN TERHADAP INTERAKSI SOSIAL ANAK USIA DINI KELAS A RA THORIQUL ULUM SAJEN. Diploma thesis, Institut Pesantren KH Abdul Chalim.

[img] Text (Cover & Abstrak)
File 1.pdf - Published Version

Download (673kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
File 2.pdf - Published Version

Download (528kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
File 3.pdf - Published Version

Download (293kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
File 4.pdf

Download (315kB)
[img] Text (Skripsi Full)
File 5.docx.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam sebuah proses pembelajaran dibutuhkan metode yang bervariatif dan aktif sehingga anak mendapatkan kesempatan untuk ikut secara andil dalam proses pembelajaran. Hendaknya metode pembelajaran yang diberikan tidak membuat anak merasa bosan, penggunaan metode pembelajaran yang kurang bervariatif dan aktif membuat suasana kelas menjadi pasif. Guru memberi materi dengan metode ceramah, anak menerima materi dari penjelasan yang telah diberikan oleh guru, tugas yang diberikan berupa lembar kerja siswa dan buku kerja anak. Anak mencatat angka atau huruf/kata tanpa menciptakan konteks belajar terlebih dahulu. Dalam hal ini, pendidikan akademik atau intelektual anak berkembang dengan baik karena mendapat rangsangan atau stimuslus yang besar, sedangkan untuk yang non akademiknya kurang mendapat rangsangan atau stimulus atau seringkali disepelekan sehingga interaksi sosial sesama teman menjadi kurang.
Penelitian memiliki rumusan masalah yaitu bagaimana kemampuan interaksi sosial anak yang diajarkan dengan metode bermain peran dan adakah pengaruh bermain peran terhadap interaksi sosial anak usia dini pada kelompok A di RA Thoriqul Ulum Sajen, Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto. Jenis penelitian ini adalah pre – eksperimental design dengan tipe one grup pretest–posttest dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik pengambilan data dengan pertimbangan tertentu.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara metode bermain peran dengan interaksi sosial anak. Hal ini terlihat dari nilai rata –rata kemampuan interaksi sosial anak sebelum dan sesudah diberi perlakuan bermain peran yaitu 45.55 menjadi 60.95. Hal ini juga dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis dimana nilai sig.< 0,05.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bermain peran, interaksi sosial, anak usia dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: S1 PIAUD IKHAC
Date Deposited: 18 Aug 2020 01:16
Last Modified: 18 Aug 2020 01:16
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/148

Actions (login required)

View Item View Item