Syahbanur, Hafani (2022) Tugas Akhir. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (431kB) |
|
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version Download (338kB) |
|
Text (Bab V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version Download (210kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (196kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah menurunnya budi pekerti di zaman milenial, kurangnya pendidikan karakter yang diberikan oleh orang tua di rumah, dan perhatian orang tua terhadap pembelajaran membaca Al-Qur’an. MI Pancasila Gondang merupakan salah satu lembaga pendidikan yang menerapkan budaya membaca Al-Qur’an dengan tujuan pembentukan karakter pada diri siswa.
Penelitian ini menggunakan penelitian campuran (mix methods) dengan tujuan untuk mengetahui berapa banyak frekuensi jawaban kuesioner angket dalam perhitungan analisis statistik deskriptif kuantitatif dengan penyebaran kuesioner angket siswa kelas I-VI MI Pancasila Gondang, lalu diolah menggunakan hasil berfikir induktif melalui observasi, wawancara dengan kepala sekolah MI Pancasila Gondang (Bapak Hafidz, M.Pd.I), dan dokumentasi dalam kualitatif.
Hasil penelitian menyatakan bahwa budaya membaca Al-Qur’an dalam pembentukan karakter siswa sangatlah berpengaruh dengan melihat jawaban “Iya” yang berjumlah 1903 dan “Tidak” sebanyak 437 siswa. Hal ini juga di dukung dengan salah satu faktor pendukung dari visi misi sekolah yaitu membentuk akhlakul karimah siswa. pelaksanaan budaya tersebut dilakukan setiap hari sebelum pembelajaran dimulai dengan kurun waktu 30 menit dibawah bimbingan guru kelas masing-masing. Untuk kelas I–III membaca Juz ‘Amma sedangkan untuk kelas IV – VI membaca Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Budaya, Membaca Al-Qur'an, Karakter |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | S1 PGMI IKAHC |
Date Deposited: | 10 Oct 2022 03:32 |
Last Modified: | 10 Oct 2022 03:32 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1479 |
Actions (login required)
View Item |