Tugas Akhir

Syahbanur, Hafani (2022) Tugas Akhir. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (431kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (338kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (210kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (196kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah menurunnya budi pekerti di zaman milenial, kurangnya pendidikan karakter yang diberikan oleh orang tua di rumah, dan perhatian orang tua terhadap pembelajaran membaca Al-Qur’an. MI Pancasila Gondang merupakan salah satu lembaga pendidikan yang menerapkan budaya membaca Al-Qur’an dengan tujuan pembentukan karakter pada diri siswa.
Penelitian ini menggunakan penelitian campuran (mix methods) dengan tujuan untuk mengetahui berapa banyak frekuensi jawaban kuesioner angket dalam perhitungan analisis statistik deskriptif kuantitatif dengan penyebaran kuesioner angket siswa kelas I-VI MI Pancasila Gondang, lalu diolah menggunakan hasil berfikir induktif melalui observasi, wawancara dengan kepala sekolah MI Pancasila Gondang (Bapak Hafidz, M.Pd.I), dan dokumentasi dalam kualitatif.
Hasil penelitian menyatakan bahwa budaya membaca Al-Qur’an dalam pembentukan karakter siswa sangatlah berpengaruh dengan melihat jawaban “Iya” yang berjumlah 1903 dan “Tidak” sebanyak 437 siswa. Hal ini juga di dukung dengan salah satu faktor pendukung dari visi misi sekolah yaitu membentuk akhlakul karimah siswa. pelaksanaan budaya tersebut dilakukan setiap hari sebelum pembelajaran dimulai dengan kurun waktu 30 menit dibawah bimbingan guru kelas masing-masing. Untuk kelas I–III membaca Juz ‘Amma sedangkan untuk kelas IV – VI membaca Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Budaya, Membaca Al-Qur'an, Karakter
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S1 PGMI IKAHC
Date Deposited: 10 Oct 2022 03:32
Last Modified: 10 Oct 2022 03:32
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1479

Actions (login required)

View Item View Item