RELEVANSI KURIKULUM MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus di SDIT Samawi Bantul)

Maya, Lutfia (2022) RELEVANSI KURIKULUM MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus di SDIT Samawi Bantul). Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (291kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (343kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (152kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (209kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Akhir-akhir ini Indonesia sedang dihadapkan dengan berbagai tantangan yang berat. Negara yang dikenal dengan identitasnya sebagai bangsa yang luhur, mulai tergantikan dengan predikat negatif karena degradasi moral dan kepribadian dalam berbagai aspek kehidupan. Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk memecahkan permasalahan tersebut adalah dengan optimalisasi pendidikan agama Islam kepada peserta didik. Namun pada kenyataannya, jam pelajaran pendidikan agama Islam disekolah umum sangat kurang. Selain itu, padatnya kegiatan disekolah menyebabkan Madrasah Diniyah mulai ditinggalkan. Hal ini yang menjadi penyebab menurunnya pemahaman agama dikalangan peserta didik. Salah satu kebijakan yang dapat diambil oleh SDIT Samawi Bantul dalam pemecahan masalah tersebut adalah dengan pelaksanaan Kurikulum Madrasah Diniyah sebagai wujud dari pengembangan kurikulum.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana pelaksanaan kurikulum Madrasah Diniyah Takmiliyah di SDIT Samawi Bantul? 2) Apa faktor penghambat dan pendorong pelaksanaan kurikulum Madrasah Diniyah Takmiliyah di SDIT Samawi Bantul? 3) Bagaimana relevansi pelaksanaan kurikulum Madrasah Diniyah Takmiliyah dengan Pendidikan Agama Islam di SDIT Samawi Bantul?
Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Setelah melakukan penelitian, diketahui bahwa: 1) Pelaksanaan kurikulum Madrasah Diniyah Takmilyah di SDIT Samawi Bantul meliputi tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. 2) Faktor pendorong pelaksanaan kurikulum tersebut yaitu sarana dan prasarana yang memadai, harapan sekolah yang tinggi dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik, guru yang berkompeten, sedangkan faktor yang menghambat adalah regenerasi guru yang berkompeten pada bidang tertentu susah didapatkan, kurangnya keterlibatan orang tua dalam mendampingi anak ketika belajar, dan letak sekolah yang tidak ada batas dengan masyarakat. 3) Pelaksanaan Kurikulum Madrasah Diniyah Takmiliyah sangat relevan dengan Pendidikan Agama Islam. Hal ini dibuktikan meningkatnya pemahaman dan kemampuan peserta didik dalam penguasaan pendidikan agama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kurikulum, Madrasah Diniyah, Pendidikan Agama Islam
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 PAI IKHAC
Date Deposited: 27 Sep 2022 06:19
Last Modified: 27 Sep 2022 06:19
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1464

Actions (login required)

View Item View Item