ANALISIS BAURAN PEMASARAN SYARIAH 4P TABUNGAN SIMPANAN PELAJAR (SimPel) iB DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH (Studi Kasus BRI Syariah (BSI) KCP Mojosari-Mojokerto)

Syakur, Abd. Syakur (2021) ANALISIS BAURAN PEMASARAN SYARIAH 4P TABUNGAN SIMPANAN PELAJAR (SimPel) iB DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH (Studi Kasus BRI Syariah (BSI) KCP Mojosari-Mojokerto). Diploma thesis, INSTITUT PESANTREN KH. ABDUL CHALIM.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (329kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (505kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (196kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (312kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Simpanan pelajar merupakan produk yang ditawarkan oleh BRI syariah
dengan persyaratan yang mudah, sederhana dan fitur yang menarik, dengan tujuan
untuk mendorong budaya menabung sejak dini. Namun dibalik kemudahannya,
nasabah dari produk SimPel ini tidak terlalu banyak, bahkan menurut data pada
bulan januari 2021 hanya sebanyak 857 nasabah.
Hasil temuan ini mendorong peneliti untuk mencari tahu lebih jauh tentang
bagaimana bauran pemasaran 4P pada produk tabungan simpanan pelajar yang
diterapkan di PT. BRI Syariah (BSI) KCP Mojosari–Mojokerto dalam upaya
meningkatkan jumlah nasabah. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian
ini adalah kualitatif deskriptif dengan sumber data yang berasal dari fenomena
yang terjadi di lapangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran 4P pada produk
tabungan simpanan pelajar di PT. BRI Syariah (BSI) KCP Mojosari–Mojokerto
yaitu produk, harga, tempat, dan promosi sudah memenuhi standarisasi Islam
karena diawasi langsung oleh dewan pengawas syariah (DPS) dan bank Indonesia
(BI), Namun strategi 4P yang dilakukan PT. BRI Syariah (BSI) KCP Mojosari-
Mojokerto kurang maksimal, hal ini disebabkan oleh berbagai macam aspek
diantaranya yaitu sulitnya sosialisasi secara terbuka dan menyeluruh karena
adanya pandemi seperti saat ini di tambah lagi ketatnya persaingan pasar yang
menawarkan produk serupa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran Syariah, Tabungan SimPel, BRI Syariah (BSI)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah > Ekonomi Syariah
Depositing User: S1 ES IKHAC
Date Deposited: 27 Sep 2022 06:16
Last Modified: 27 Sep 2022 06:16
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1461

Actions (login required)

View Item View Item