Ruqayyah, Siti Ruqayyah (2020) STRATEGI MANAJEMEN PENDIDIKAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DALAM MENINGKATKAN KARAKTER SISWA SMKN 1 PRAJEKAN BONDOWOSO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (COVER DAN ABSTRAK)
1. COVER DAN ABSTRAK TESIS_SITI RUQAYYAH.pdf - Published Version Download (127kB) |
|
Text (PENDAHULUAN)
2. PENDAHULUAN TESIS_SITI RUQAYYAH.pdf - Published Version Download (166kB) |
|
Text (PENUTUP)
3. PENUTUP TESIS_SITI RUQAYYAH.pdf - Published Version Download (67kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAFTAR PUSTAKA TESIS_SITI RUQAYYAH.pdf - Published Version Download (143kB) |
|
Text (FULL TEXT)
5. FULL TESIS_SITI RUQAYYAH - WATERMARK.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (997kB) |
Abstract
Strategi manajemen merupakan serangkaian keputusan dan tindakan
manajerial dalam proses perencanaan, organisasi, koordinasi, dan kontrol pada
sumber daya agar tujuan tercapai secara efektif dan efisien. Pendidikan nasional
bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang
beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat,
berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta
bertanggung jawab. Adapun fokus penelitian dalam penelitian ini adalah Strategi
manajemen pendidikan ekstrakurikuler keagamaan dalam (1) merencanakan, (2)
melaksanakan dan (3) mengevaluasi peningkatan karakter bernilai jujur dan bernilai
toleransi pada siswa SMKN 1 Prajekan Bondowoso.
Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Penelitian pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini terdiri atas
data primer dan data sekunder. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan
teknik observasi dan teknik wawancara.
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai
berikut : 1) Bahwa penanaman pendidikan karakter tidak bisa hanya sekedar
mentransfer ilmu pengetahuan, atau melatih suatu keterampilan tertentu, melainkan
juga memerlukan proses, contoh teladan dan pembiasaan dalam lingkungan peserta
didik, dalam lingkungan sekolah, keluarga, dan lingkungan masyarakat, 2) Bahwa
membaca Alqur’an tidak hanya lafadz, tajuwid, fashohahnya saja tetapi sebaiknya
mengetahui dan memahami arti dan kandungan Alqur’an dan kegiatan lainnya.
Kegiatan yang rutin dan terus-menerus selain bisa meningkatkan keimanan dan
ketaqwaan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan meningkatkan rasa cinta kepada
Nabi Muhammad SAW juga bisa menjadi sarana untuk menyalurkan bakat,
kreatifitas, kemampuan, keteladanan, serta keikhlasan. Dengan kegiatan
ekstrakurikuler keagamaan tersebut dapat membangun rasa empati terhadap
masyarakat yang dibawah garis kemiskinan dan meningkatkan kepedulian sosial
disekitarnya, 3) Bahwa pembiasaan, kedisiplinan, keteladanan, serta kekompakan
antara siswa, guru dan seluruh staff sekolah dalam melaksanakan kegiatan
ekstrakurikuler keagamaan dapat memotivasi dan menumbuhkan rasa hormat,
meningkatkan keimanan kepada Allah dan rosulNYA serta merubah dan
membangun karakter yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Manajemen, Pendidikan Karakter dan Ekstrakurikuler Keagamaan. |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 27 Oct 2022 11:41 |
Last Modified: | 27 Oct 2022 11:41 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1450 |
Actions (login required)
View Item |