Joko, Iswahyudi (2022) Implementasi Model Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 2 Kraton Pasuruan. Masters thesis, Iinstitut Pesantren KH. Ab Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (113kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (175kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (49kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (89kB) |
|
Text
TESIS PAI FULL TEXT 22.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (890kB) | Request a copy |
Abstract
Di era globalisasi seperti sekarang ini Indonesia harus mampu mengoptimalkan semua potensi yang dimiliki yakni melalui pendidikan, Salah satu pendidikan yang berperan penting dalam kehidupan manusia adalah Pendidikan Agama Islam (PAI),Tetapi realitanya motivasi siswa dalam mempelajari PAI cenderung kurang.sehingga berdampak pula dengan hasil belajar siswa yang menurun. Melihat realita yang terjadi salah satu solusi yang di lakukan oleh SMPN 2 Kraton yakni dengan menerapkan model discovery learning karena bisa mengajak peserta didik untuk mampu memecahkan problem dengan menggunakan pengetahuannya, maka dari itu peneliti memfokuskan penelitian dengan mendiskripsikan cara guru dalam mengimplementasikan pembelajaran PAI dengan discovery learning pada peserta didik kelas VIII di SMPN 2 Kraton.
Adapun secara istilah terkait Implementasi Model Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa yakni penerapan pembelajaran mampu memecahkan problem dengan menggunakan pengetahuannya pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jika ditinjau dari sudut kemampuan atau kemungkinan penelitian dapat memberikan informasi atau penjelasan maka penelitian ini termasuk penelitian termasuk penelitian deskriptif. Untuk menguji data digunakan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas data, uji transferabilitas, uji dependabilitas, uji konfirmabilitas.
Hasil penelitannya adalah Pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru Pendidikan Agama Islam dengan model discovery learning di SMPN 2 Kraton meliputi tiga tahapan utama yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti (mengamati, menalar, mencoba, dan menarik kesimpulan), dan kegiatan penutup. Kesimpulan yang bisa diambil ialah : (1) Pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru Pendidikan Agama Islam dengan model discovery learning di SMPN 2 Kraton yaitu menyiapkan perangkat pembelajaran berupa program tahunan, program semester, silabus, dan RPP (2) Pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru PAI dengan model discovery learning di SMPN dua Kraton meliputi tiga tahapan utama yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti (mengamati, menalar, mencoba, dan menarik kesimpulan), dan kegiatan penutup.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Discovery Learning, Pembelajaran PAI, Motivasi |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 17 Sep 2022 07:12 |
Last Modified: | 17 Sep 2022 07:12 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1437 |
Actions (login required)
View Item |