Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Perspektif KH. Hasyim Asy’ari Dalam Kitab Adab al-‟Alim Wa al-Muta‟allim” (Studi Di Pondok Pesantren Darusy Syafi’iyah Batang Hari Provinsi Jambi)

Rahmat, Fauzi (2022) Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Perspektif KH. Hasyim Asy’ari Dalam Kitab Adab al-‟Alim Wa al-Muta‟allim” (Studi Di Pondok Pesantren Darusy Syafi’iyah Batang Hari Provinsi Jambi). Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (603kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (609kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB V (Penutup).pdf - Published Version

Download (264kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (230kB)
[img] Text (Tesis Full)
TESIS FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pondok Pesantren Darusy Syafi’iyah merupakan salah satu sekolah yang menerapkan pendidikan karakter. Hal tersebut terintegrasi dalam misi Pondok Pesantren nomor 1 yaitu “menciptakan santri yang siap pakai, jujur, berakhlak mulia”. Pesantren ini sangat memperhatikan pendidikan akhlak atau karakter bagi santrinya. Pendidikan karakter khususnya di Pondok Pesantren Darusy Syafi’iyah tidak hanya dijadikan sebagai wacana atau slogan saja, tetapi diterapkan melalui tindakan nyata dalam kehidupan sehari-hari khususnya di lingkungan Pondok Pesantren Darusy Syafi’iyah.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis serta mengetahui implementasi nilai-nilai pendidikan karakter perspektif KH. Hasyim Asy’ari dalam Kitab Adab al-‟Alim Wa al-Muta‟allim.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Keabsahan data menggunakan tiga kreteria yaitu: kredibilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, pendidikan karakter perspektif KH. Hasyim Asy’ari dalam Kitab Adab al-‟Alim Wa al-Muta‟allim. yaitu: a) Nilai Pendidikan Karakter Peserta Didik Terhadap Dirinya Sendiri terdapat 10 karakter. b) Pendidikan karakter peserta didik terhadap guru terdapat 12 karakter: Kedua, implementasi nilai-nilai pendidikan karakter perspektif KH. Hasyim Asy’ari dalam kitab Adab al-‟Alim Wa al-Muta‟allim di pondok pesantren Darusy Syafiiyah yaitu: 1) Pendidik diwajibkan menanamkan pentingnya adab kepada santri walaupun pendidik tidak mengajar kitab Adab al-‟Alim Wa al-Muta‟allim. 2) Pendidik diwajibkan membenahi adab santri yang dinilai tidak sesuai dengan kitab Adab al-‟Alim Wa al-Muta‟allim, sekalipun hari libur belajar mengajar. 3) Memberikan hukuman yang mendidik kepada santri yang melanggar aturan pondok. 4) Seluruh pendidik dan tenaga pendidikan harus mengusai kitab Adab al-‟Alim Wa al-Muta‟allim. 5) Pendidik dan tenaga pendidikan harus mengimplementasikan kitab Adab al-‟Alim Wa al-Muta‟allim sebelum menerapkan kepada santri.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Nilai Pendidikan, Karakter.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 16 Sep 2022 08:40
Last Modified: 16 Sep 2022 08:40
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1402

Actions (login required)

View Item View Item