MOHAMMAD, BAHRON (2022) PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMP SYAICHONA CHOLIL SAMARINDA. Masters thesis, INSTITUT PESANTREN KH. ABDUL CHALIM.
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB V KESIMPULAN)
BAB V KESIMPULAN.pdf - Published Version Download (355kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (654kB) |
|
Text (TUGAS AKHIR FULL TEXT)
TUGAS AKHIR FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Pendidikan adalah ujung tombak dari keberlangsungan dari suatu bangsa. Sangat penying dan krusial nilai pendidikan hingga perlu perbaikan secara terus menerus demi menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan utuh. Semua gagasan tersebut harus ditopang dengan segala aspek yang dibutuhkan, baik internal maupun eksternal. Kodrat manusia yang tidak bisa lepas dari kebergantungan dari orang lain mengharuskan terbentuknya perkumpulan ataupun organisasi, begitu juga pendidikan diperlukan organisasi agar memudahkan mencapai cita-cita luhur dari baiknya dunia pendidikan.
Kepemimpinan adalah seni dalam mempengaruhi seseorang atau kelompok dalam upaya mewujudkan apa yang di cita-citakan. Gaya kepemimpinan ada banyak sekali, namun dari semua gaya kepemimpinan intinya setiap gaya diperlukan dalam situasi tertentu. Supervisi adalah upaya tambahan yang diberikan untuk mengatasi segala kendala yang ada. Kepala sekolah adalah guru yang diberi tugas dan tanggung jawab lebih dari guru pada umunya. Supervisi kepala sekolah adalah upaya kepala sekolah dalam memberikan solusi atas kendala yang ada pada lingkungan dibawahnya, bisa pemecahan kendala dalam kelas, proses keberlangsungan belajar mengajar, upgrading pengetahuan serta kemampuan guru serta menyediakan fasilitas yang dibutuhkan demi semakin baiknya kualitas pendidikan. kinerja guru adalah kesimpulan akhir dari semua serangkaian upaya guru dalam menjalankan tugasnya.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya kepemimpinan kepala sekolah dan supervisi kepala sekolah baik secara parsial maupun simultan tidak memberikan pengaruh terhadap peningkatan dari kinerja guru di SMP Syaichona Cholil Samarinda. Diperoleh nilai signifikansi kepemimpinan kepala sekolah 0.792 lebih besar dari ambang batas 0.05 dan supervisi kepala sekolah diperoleh nilai signifikansi 0.955 juga lebih besar dari 0.05. Secara simultan diperoleh nilai signifikansi 0.865 lebih besar dari ambang batas 0.05. Dalam uji determinasi membuktikan dengan nilai negatif, yaitu 0.09, artinya dalam konteks ini kinerja guru di SMP Syaichona Cholil Samarinda dalam peningkatannya diperngaruhi oleh variabel diluar penelitian
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan, Supervisi Kepala Sekolah, Kinerja Guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 16 Sep 2022 08:51 |
Last Modified: | 16 Sep 2022 08:51 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1393 |
Actions (login required)
View Item |