Abdul, Mufid (2020) MANAJEMEN E-SISTER MASA PANDEMI COVID – 19 PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM UNGGULAN (STUDI KASUS DI SMA UNGGULAN HAF-SA ZAINUL HASAN BPPT GENGGONG – PROBOLINGGO). Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover-Abstrak)
Cover-Abstrak.pdf - Published Version Download (692kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (572kB) |
|
Text (BAB Akhir)
BAB AKHIR.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (365kB) |
|
Text (Tesis Full Teks)
TESIS (ABDUL MUFID).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Corona virus disease (Covid-19) ini mengguncang dunia. Kejadian besar yang dipicu penyakit menular asal Wuhan, China sejak akhir 2019 ini di luar prediksi banyak kalangan, bahkan kalangan praktisi dan ahli bidang manajemen krisis. Kini seluruh sektor terdampak, termasuk dunia pendidikan. Kemendikbud menerapkan kebijakan Belajar dari rumah (Learn from Home ) untuk mencegah penularan virus yang mematikan ini semakin meluas.
Banyak sekolah dan lembaga pendidikan lainnya bertransformasi dari layanan konfensional menuju layanan digital. Salah satunya, SMA Unggulan Haf-Sa Zainul Hasan BPPT Genggong – Probolinggo, sekolah islam berlabel unggulan ini merubah seluruh layanannya, baik pembelajaran, presensi kehadiran, dan sistem kinerja pimpinan ke elektronik dalam bentuk E-SISTER sebuah layanan sistem informasi terpadu yang berbasis elektornik selama masa pandemi Covid - 19.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui Sistem Informasi Manajemen berbasis E-SISTER selama pandemi Covid – 19 di SMA Unggulan Haf-Sa Zainul Hasan BPPT Genggong dalam memberikan layanan pendidikan pada peserta didik selama belajar dari rumah dan layanan lainnya yang bersifat non akademik, serta persiapan pelayanan saat New Normal.
Penelitian tesis ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan case study (studi kasus) yang terjadi di SMA Unggulan Haf-Sa Zainul Hasan BPPT Genggong, Probolinggo seperti yang diulas pada paragraph sebelumnya. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi Dalam menganalisa data, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini yaitu : 1. Layanan Sistem Informasi Manajemen berbasis E-SISTER yang terus dikembangkan guna memenuhi kebutuhan konsumen, dalam hal ini pimpinan sekolah, dewan guru, siswa dan orang tua siswa. 2. E-sister dalam memberikan layanan informasi baik akademik maupun non akademik setidaknya telah mengalami perubahan sebanyak 3 kali perubahan. Pertama; E-SISTER V-1 yang digunakan sebelum adanya pandemi. Kedua; E-SISTER V2 digunakan pada masa pandemi. Ketiga; E-SISTER V3 yang dipersiapkan era New Normal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen E-SISTER, Pandemi Covid – 19, Pendidikan Islam Unggulan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 15 Aug 2020 09:50 |
Last Modified: | 15 Aug 2020 09:50 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/139 |
Actions (login required)
View Item |