NANING, JAMILAH (2020) PENGARUH METODE SOROGAN DALAM MENGHAFAL ALQURAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI SISWA DI MTs AMANATUL QUR’AN PACET MOJOKERTO. Masters thesis, INSTITUT PESANTREN KH. ABDUL CHALIM.
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version Download (295kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version Download (310kB) |
|
Text (BAB V KESIMPULAN)
BAB V.pdf - Published Version Download (66kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (210kB) |
|
Text (TESIS FULL TEKS)
TESIS BU NANING.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Secara umum metode pembelajaran dalam menghafal Alquran memiliki beberapa macam metode yang digunakan , salah satunya adalah metode sorogan, dimana metode ini dilakukan secara tatap muka langsung antara kyai/ustadz dan santri /siswa Apabila metode ini dapat dilaksanakan dengan baik, maka akan menciptakan kemampuan menghafal Alquran dengan baik. Metode sorogan di Mts Amnatul Quran Pacet sangat sangat membatu dalam proses menghafal Alquran dengan baik.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, 1) Bagaimana Metode Sorogan Dalam Menghafal Alquran Siswa Di MTs Amanatul Qur’an Pacet Mojokerto? 2) Bagaimana Prestasi Belajar PAI Siswa Di MTs Amanatul Qur’an Pacet Mojokerto? 3)Adakah Pengaruh Metode Sorogan Dalam Menghafal Alquran Terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa di MTs Amanatul Qur’an Pacet Mojokerto, untuk mengetahui kemampuan dalam menghafal Al quran siswa, dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode ini terhadap prestasi siswa.
Dalam menganalisis data, penulis menggunakan teknik-teknik sebagai berikut: Teknik pengumpulan data Kuantitatif. Adapun teknik-tekniknya adalah: a. observasi, b. angket, c. Dokumentasi. Menggunakan rumus prosentase dan Untuk mengetahui hubungan antara variabel x dan variabel y, maka digunakan rumus product moment.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran soroganTerdapat pengaruh yang kuat atau cukup tinggi antar sorogan dalam menghafal Alquran terhadap prestasi belajar siswa di amanatul quran. Hal ini di buktikan dengan angka yang relatif tinggi yaitu 0,60. Berdasarkan tabel interprestasi nilai angka 0,60 berda di antara 0,60-0,80 sehingga dapat di tarik kesimpulan bahwa pengaruh metode sorogan dalam menghafal al quran terhadap prestasi belajar siswa memiliki pengaruh yang cukup tinggi, maka hipotesis nol di tolak hal ini berarti hipotesis (ha) di terima
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Sorogan, Menghafal Al Qur’an, Prestasi Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 15 Aug 2020 09:25 |
Last Modified: | 15 Aug 2020 09:25 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/137 |
Actions (login required)
View Item |