MANAJEMEN STRATEGI PEMASARAN PONDOK PESANTREN FIRDAUS DI DAERAH MINORITAS-MUSLIM JEMBRANA BALI

Ahmad, Mulhakim (2022) MANAJEMEN STRATEGI PEMASARAN PONDOK PESANTREN FIRDAUS DI DAERAH MINORITAS-MUSLIM JEMBRANA BALI. Masters thesis, INSTITUT PESANTREN KH. ABDUL CHALIM.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (406kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (319kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (147kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (264kB)
[img] Text (Tesis Fulltext)
Tesis Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat fokus penelitian yaitu (1) Bagaimanakah Manajemen Strategi Pemasaran Pondok Pesantren Firdaus di Daerah Minoritas-Muslim Jembrana Bali. (2) Bagaimanakah Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat dari Pemasaran Pondok Pesantren Firdaus di Daerah Minoritas-Muslim Jembrana Bali.
Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, maka digunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yang mana peneliti terjun langsung kelapangan. Dalam proses pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menyimpulakn bahwa: (1) Manajemen Strategi Pemasaran Pondok Pesantren Firdaus di Daerah Minoritas-Muslim Jembrana Bali melalui tiga aspek yaitu perencanaan pemasaran, implementasi pemasaran, dan evaluasi pemasaran, ketiga aspek tersebut dilaksanakan dengan baik sesuai dengan prosesdur dan tujuan yang ingin dicapai. Perencanaan dilakukan di awal sebelum kegiatan pesamasan dilakukan dengan melibatkan seluruh internal lembaga. Dalam implementasi menawarkan produknya berdasarkan tujuh aspek yaitu: produk, harga, tempat, promosi, sumber daya manusia, sarana prasarana, dan proses layanan jasa. Tahap akhir dilakukan yaitu evaluasi pemasaran, dimana diakukan dalam bulanan, tiga bulanan, dan tahunan. (2) Faktor Pendukung dari Pemasaran Pondok Pesantren Firdaus di Daerah Minoritas-Muslim Jembrana Bali yaitu letak geografis atau lokasi pondok, dimana Pondok Pesantren Firdaus berada di daerah yang minoritas muslim, sehingga lembaga tersebut menjadi cepat dikenal oleh masyarakat khususnya muslim di Bali, lokasi pondok yang dipinggir kota dan luasnya area pondok, serta fasilitas yang dimiliki menjadi keuntungan dan daya tarik tersendiri kepada masyarakat. Banyaknya dukungan dari masyarakat muslim Bali dan eratnya ikatan toleransi dengan masyarakat non muslim Bali, program unggulan yang dibuat. Sedangkan faktor penghambat dari Pemasaran Pondok Pesantren Firdaus di Daerah Minoritas-Muslim Jembrana Bali yaitu banyaknya persaingan, baik persaingan untuk pondok yang ada dijawa maupun juga di dalam Bali, masih adanya persepsi masyarakat yang menilai terkait harga untuk masuk pondok mahal, dan tidak adanya tenaga ahli dalam bidang pemasaran untuk mengelola pemasaran secara khusus.
Kata Kunci: Manajemen Strategi, Pemasaran Pondok, Minoritas-Muslim

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategi, Pemasaran Pondok, Minoritas-Muslim
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 29 Sep 2023 08:10
Last Modified: 29 Sep 2023 08:10
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1359

Actions (login required)

View Item View Item