PEMBELAJARAN FIQIH BERBASIS METODE TAPPS (THINK ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING) DALAM MENINGKAKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MAN 1 MOJOKERTO

FAHMI, SITI FATIMAH (2022) PEMBELAJARAN FIQIH BERBASIS METODE TAPPS (THINK ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING) DALAM MENINGKAKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MAN 1 MOJOKERTO. Masters thesis, INSTITUT PESANTREN KH ABDUL CHALIM.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (621kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (497kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V.pdf - Published Version

Download (245kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (461kB)
[img] Text (FULL TESIS TEXT)
FULL TESIS TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Metode TAPPS (Think Aloud Pair Problem Solving) yaitu metode yang dapat membantu meningkatkan keterampilan analitis peserta didik baik dalam ranah afektif, kognitif dan psikomotorik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran fiqih berbasis Metode TAPPS (Think Aloud Pair Problem Solving) dalam meningkakan hasil belajar peserta didik dan bagaimana hasil belajar peserta didik melalui Metode TAPPS di MAN 1 Mojokerto.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian ini di MAN 1 Mojokerto. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara terstruktur dan melalui dokumentasi. Penganalisisan data dalam penelitian ini menggunakan model miles dan huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun triangulasi dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini yaitu, proses dan pelaksanaan pembelajaran fiqih yang mencakup 3 proses yaitu perencanaan, implementasi dan evaluasi. Dimana perencanaan mencakup semua kegiatan awal dalam pelaksanaan Metode TAPPS . implementasi mencakup proses penerapan RPP (Rencana pelaksanaan pembelajaran) dalam mngaplikasikan Metode TAPPS, evaluasi mencakup penilaian akhir dalam proses pembelajaran sehingga dapat mengetahui hasil belajar peserta didik. Selanjutnya, hasil belajar mencakup 3 aspek penilaian yaitu, penilaian aspek afektif (sikap), kognitif (kemampuan) dan psikomororik (keterampilan/skill). sehingga peserta didik memiliki peningkatan hasil belajar secara signifikan serta memiliki pengembangan kemampuan antarpribadi yang bagus. Dilihat dari kemajuan proses belajar peserta didik, dalam pengembangan kemampuan interpersonal skill yang telah dimiliki peserta didik, berorientasi pada kemampuan berfikir yang mencakup kemampuan intelektual. Selain itu, peserta didik juga dapat menguasai serta mengembangkan dengan baik apa yang telah mereka pelajari.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Fiqih, Metode TAPPS, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 15 Sep 2022 08:33
Last Modified: 15 Sep 2022 08:33
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1341

Actions (login required)

View Item View Item