STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN TA’AT SHOLAT BERJAMA’AH SISWA DI SMP NEGERI 1 JABON SIDOARJO

Eka Istih, Hariyani (2020) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN TA’AT SHOLAT BERJAMA’AH SISWA DI SMP NEGERI 1 JABON SIDOARJO. Masters thesis, INSTITUT PESANTREN KH. ABDUL CHALIM.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
cover-dan-abstrak.pdf - Published Version

Download (725kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB-I-PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (358kB)
[img] Text (BAB V KESIMPULAN)
BAB-V-KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (164kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (288kB)
[img] Text (TESIS FULL TEKS)
tesis-full-teks (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Sholat merupakan manifestasi gerak ibadah yang merupakan hubungan seorang hamba secara langsung dengan Allah SWT. Sehingga sholat diwajibkan bagi hamba Allah dan sholat merupakan tiang agama, pemisah antara kafir dan muslim. Sholat juga dapat dijadikan sebagai media untuk memberikan pelajaran tentang disiplin, menghargai waktu dan teratur dalam menjalani hidup. Dalam penerapan dan pembinaan sholat tentu membutuhkan strategi yang terstruktur sehingga mampu mencapai tujuan yang diharapkan yaitu kedisiplinan sholat berjama’ah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) Mendeskripsikan strategi guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan taat ibadah sholat dhuha dan dhuhur berjama’ah siswa di SMP Negeri 1 Jabon, 2) Mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan taat ibadah sholat dhuha dan dhuhur berjama’ah siswa di SMP Negeri 1 Jabon, 3) Mendeskripsikan implikasi strategi guru PAI terhadap peningkatan kedisiplinan taat ibadah sholat dhuha dan dhuhur berjama’ah siswa di SMP Negeri 1 Jabon?
Untuk mecapai tujuan diatas, digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitan field research yakni penelitian lapangan yang dilakukan di SMP Negeri 1 Jabon, instrument kunci adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, data yang dianalisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa: 1) Langkah guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan kedisiplinan taat sholat berjamaah siswa di SMP Negeri 1 Jabon adalah dengan menggunakan beberapa strategi: pendampingan, pemahaman, pembiasaan, keteladanan (uswah) semua guru menjadi figure teladan, pemberian nasehat, buku GSJ, evaluasi dan tindak lanjut 2) Faktor penghambat dan pendukung yang dihadapi oleh guru pendidikan agama islam dalam meingkatkan kedisiplinan taat sholat berjama’ah di SMP Negeri 1 Jabon: (a) Faktor Penghambat: Sarana dan prasarana yang kurang memadai, Perbedaan latar belakang siswa dari setiap siswa berbeda-beda.(b) Faktor pendukung : Adanya kerjasama yang dilakukan antar sesama guru dalam mendisiplinkan sholat berjamaah siswa dan komitmen Dewan guru untuk membimbing siswa.(3) Implikasi strategi guru PAI terhadap peningkatan kedisiplinan ibadah sholat dhuha dan dhuhur berjama’ah siswa a. Akan menumbuhkan semangat dalam diri siswa untuk meningkatkan amal shalihnya b. Mendapatkan fadilahnya shalat berjamaah di awal waktu yang faedahnya 27 derajat c. Menanamkan rasa saling mencintai, karena seringnya bertemu sesama umat muslim d. Memperlihatkan kemuliaan kaum muslimin e. Memberikan motifasi bagi siswa yang belum bisa rutin menjalankan shalat berjamaah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru PAI, Kedisiplinan sholat berjama’ah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 19 Aug 2020 06:39
Last Modified: 19 Aug 2020 06:39
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/134

Actions (login required)

View Item View Item