PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIKULTURAL DALAM PENGEMBANGAN SIKAP SOSIAL SISWA DI SMA HANG TUAH 5 SIDOARJO

Radhia, Ainun Sechandini (2022) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIKULTURAL DALAM PENGEMBANGAN SIKAP SOSIAL SISWA DI SMA HANG TUAH 5 SIDOARJO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
POIN 1 COVER ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (702kB)
[img] Text (BAB I)
POIN 2 BAB I.pdf - Published Version

Download (420kB)
[img] Text (BAB V)
POIN 3 BAB V.pdf - Published Version

Download (246kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
POIN 4 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (256kB)
[img] Text (FULL TESIS)
POIN 5 FULL TESIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam berbasis multikultural di SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo berlangsung dalam setting sosial bagi seluruh elemen sekolah yang sedang membangun nilai kebudayaan seseorang untuk menghargai arti keberagaman. Hal ini dikarenakan SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo terdapat peserta didik dan tenaga pendidik yang memiliki keberagaman latar belakang. Dengan adanya perbedaan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan, mendeskripsikan, dan menganalisis pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis multikulturalisme dalam pengembangan sikap sosial siswa di lingkungan sekolah.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan atau field research. Adapun pendekatan penelitian ini menggunakan metode studi kasus untuk menjelaskan realitas di lapangan. Kehadiran peneliti dalam penelitian ini yaitu sebagai instrumen kunci dengan peran pengamat non-partisipan dikarenakan peneliti turun langsung ke lapangan dengan tidak terlibat secara langsung pada subjek penelitian. Penelitian ini berlokasikan di SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo dengan terhitung waktu penelitian sejak 05 Januari 2022. Teknik pengumpulan data menggunakan 3 teknik, yaitu observasi non-partisipan, wawancara dengan teknik snowball sampling, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan empat tahap menurut Huberman dan Miles, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan serta uji kesimpulan. Adapun keabsahan data digunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Pendidikan Agama Islam berbasis multikultural telah dilaksanakan dengan baik di SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo dengan penyesuaian Kurikulum Merdeka Belajar yang memuat Profil Pelajar Pancasila di dalamnya sesuai dengan visi dan misi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Guru menggunakan 3 tahapan pembelajaran, yaitu: 1) kondisi pembelajaran; 2) metode pembelajaran; dan 3) hasil pembelajaran. Rencana pembelajaran Pendidikan Agama Islam disusun pada perangkat yang harus dimiliki setiap guru dengan memuat Pekan Efektif Belajar, Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), Capaian Pembelajaran (CP), Program Tahunan, Program Semester, Modul Ajar dengan basis multikultural yang disesuaikan dengan lingkungan SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo, dan Assesmen untuk tujuan evaluasi belajar. Kedua, melalui penanaman dan pemahaman nilai keislaman pada kegiatan pembelajaran di dalam kelas dan di luar kelas, Pendidikan Agama Islam berbasis multikultural dalam pengembangan sikap sosial di SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo telah menunjukkan pandangan positif, seperti dengan menanggapi dan meresponnya melalui keaktifan, kerukunan, dan kebersamaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Multikulturalisme, Pendidikan Agama Islam, Sikap Sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 08 Sep 2022 07:31
Last Modified: 08 Sep 2022 07:31
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1332

Actions (login required)

View Item View Item