MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENGEMBANGAN KUALITAS GURU PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG GURU DAN DOSEN (Studi MA Al-Ma’arif Bilae)

Chaeril, Aswad Iming (2022) MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENGEMBANGAN KUALITAS GURU PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG GURU DAN DOSEN (Studi MA Al-Ma’arif Bilae). Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (SAMPUL & ABSTRAK)
1. Sampul dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (245kB)
[img] Text (BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (258kB)
[img] Text (BAB V)
3. BAB V.pdf - Published Version

Download (163kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
4.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (230kB)
[img] Text (TESIS FULL)
5. TESIS FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Manusia sebagai aspek utama pendidikan perlu dikelola melalui tahapan-tahapan yang matang. Manajemen Sumber Daya Manusia menjadi salah satu jembatan untuk institusi pendidikan dalam pengembangan kualitas guru sebagai bagian aspek utama tersebut. Maka dari itu tujuan penelitian ini untuk mengetahui manajemen sumber daya manusia dalam pengembangan kualitas guru di MA Al-Ma’arif Bilae, mengetahui kualitas guru di MA Al-Ma’arif Bilae.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Objek penelitian ini dilaksanakan di MA Al-Ma’arif Bilae. Tekhnik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini meliputi kepala madrasah, wakil kepala madrasah bagian kurikulum. Tekhnik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menurut miles dan huberman yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta verifikasi dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yakni triangulasi sumber.
Adapun hasil penelitian ini yaitu pertama dalam pengembangan kualitas guru di MA Al-Ma’Arif Bilae, kepala Madrasah melakukan dengan 4 (empat) cara, yakni pemberian motivasi, mendorong para guru untuk mengikuti seminar, mengikutsertakan para guru dalam kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), dan mengikutsertakan para guru dalam kegiatan pendidikan dan pelatihan (diklat). Kedua terkait kualitas guru terdapat 4 (empat) kompetensi yang harus dimiliki seorang pendidik yang dapat menunjang kualitas seorang guru, diantaranya yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesionalsiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Sumber Daya Manusia, Kualitas Guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 31 Aug 2022 09:08
Last Modified: 31 Aug 2022 09:08
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1316

Actions (login required)

View Item View Item