PENGELOLAAN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN SARANA DAN PRASARANA DI PONDOK PESANTREN MODERN AL-MA’ARIF BILAE KABUPATEN BONE SULAWESI SELATAN

SULKARNAIN, SULKARNAIN (2022) PENGELOLAAN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN SARANA DAN PRASARANA DI PONDOK PESANTREN MODERN AL-MA’ARIF BILAE KABUPATEN BONE SULAWESI SELATAN. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (COVER & ABSTRAK)
1. COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (338kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (429kB)
[img] Text (BAB V PENUTUTP)
3. BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (161kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (230kB)
[img] Text (FULL TESIS)
5. FULL TESIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pesantren merupakan bagian dari satuan pendidikan dapat berjalan dan berfungsi dengan baik apabila memiliki sistem manajemen yang didukung dengan sumber daya manusia (SDM), dana/biaya, dan sarana prasarana yang memadai dimana pengelolaan keuangan pesantren yang dapat mengalokasikan dana untuk meningkatkan sarana dan prasarana pesantren semakin representatif. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan pembiayaan dalam meingkatkan sarana dan prasarana di pondok pesantren modern al-ma’arif bilae penelitian ini meliputi sumber dana yang di dapatkan pondok pesantren modern al-ma’arif bilae,, pengalokasian anggaran pendidikan dalam meningkatkan sarana dan prasarana di Pondok Pesantren Modern Al-Ma’arif Bilae dan serapan anggaran di Pondok Pesantren Modern Al-Ma’arif Bilae dalam meningkatkan sarana dan prasarana
Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dan menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kehadiran peneliti dilapangan mutlak diperlukan, sebab peneliti merupakan instrumen utama dan sekaligus berperan sebagai pengumpul data tunggal. Sumber data dalam penelitian ini bersumber dari pimpinan pondok pesantren, yang membidangi sarana dan prasarana, tenaga pengajar dan penasehat pondok pesantren.Teknik analisis data yang digunakan peneliti berdasarkan teori Miles dan Huberman, yaitu: pengumpulan data, reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan verivikasi dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan metode triangulasi yakni triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama,sumber dana yang dimiliki pondok pesantren modern al-ma’arif bilae bersumber dari pemerintah berupa dana Bantuan Operasional Pesantren (BOP) yang didapatkan melalui proposal yang dibuat, selanjutnya bersumber dari orang tua santri yang mondok yang di sebut Sedekah Wajib Pesantren (SWP). Kedua, Pengalokasian anggarannya semua berasal dari RAPB yang telah disusun, yang didalamnya terdapat perencanaan, pengadaan, serta penghapusan sarana dan prasarana. Ketiga, Serapan anggaran di pondok pesantren modern al-ma’arif bilae tedapat proses penggunaan anggaran, pemeliharaan sarana prasarana, penginventarisasian sarana dan prasarana serta peloparan penggunaan anggaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan, Sarana dan Prasarana
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 31 Aug 2022 09:02
Last Modified: 31 Aug 2022 09:02
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1315

Actions (login required)

View Item View Item