EFEKTIVITAS IMPELEMENTASI MIND MAPPING PADA MATAN JURUMIYAH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATAN NAHWU BAGI SISWA KELAS VIII MTS AMANATUL UMMAH PACET MOJOKERTO

Ahmad, Miftakhul Choir (2022) EFEKTIVITAS IMPELEMENTASI MIND MAPPING PADA MATAN JURUMIYAH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATAN NAHWU BAGI SISWA KELAS VIII MTS AMANATUL UMMAH PACET MOJOKERTO. Diploma thesis, Institut Pesantren KH Abdul Chalim.

[img] Text
Cover Dan abstrak.pdf - Published Version

Download (361kB)
[img] Text
BAB I .pdf - Published Version

Download (451kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (323kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (212kB)
[img] Text
Skripsi Full water.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan metode pembelajaran Mind-Mapping pada matan Jurumiyah dalam meningkatkan pemahaman materi nahwu bagi siswa Kelas VIII A MTs Amanatul Ummah Pacet Mojokerto. (2) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar materi nahwu matan jurumiyah pada siswa kelas VIII A (metode Mind Mapping) dan kelas VIII B (metode Non-Mind Mapping) MTs Amanatul Ummah Pacet Mojokerto. (3) Untuk mengetahui efektifitas mind mapping pada Matan nahwu Matan jurumiyah dalam meningkatkan pemahaman materi nahwu bagi siswa kelas VIII A Amanatul Ummah Pacet Mojokerto.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan pola non-equivalent group design, yaitu dengan memberikan treatment (perlakuan) yang berbeda terhadap dua kelompok siswa yaitu kelompok mind mapping dan kelompok non-mind mapping. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 34 orang setiap kelasnya. Penelitian ini dilakukan dalam 4 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test. Untuk pengujian pengkategorian efektivitas menggunakan uji N-gain.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode Mind Mapping dalam meningkatkan hasil pembelajaran di dalam kelas mata pelajaran Nahwu Jurumiyah adalah sebagai berikut: presentasi/penjelasan dari guru, diskusi kelompok, menentukan pusat dan cabang-cabang Mind Mapping, pemberian tugas, presentasi hasil tugas dan pemberian penghargaan; (2) Ada perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara kelas yang menggunakan metode Non-Mind Mapping dengan kelas yang menggunakan metode Mind Mapping. Hal ini terbukti dari hasil rata-rata posttest kelas Non-Mind Mapping sebesar 72,71, sedangkan hasil rata-rata posttest kelas Mind Mapping sebesar 82,12 serta didukung dari hasil perhitungan uji Wilcoxon Rank Sum Test yang menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,008 lebih kecil dari 0,05; (3) Penggunaan metode Mind Mapping cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar belajar pada mata pelajaran Nahwu Jurumiyah kelas VIII MTs Amanatul Ummah Pacet Mojokerto. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan rata-rata N-gain score kelas Mind Mapping sebesar 56,19%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Mind Mapping, Nahwu Jurumiyah, Pemahaman
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: S1 PBA IKHAC
Date Deposited: 24 Aug 2022 07:58
Last Modified: 24 Aug 2022 07:58
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1270

Actions (login required)

View Item View Item