SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI MI TAHDZIBUN NASYIIN DESA SOGAAN KECAMATAN PAKUNIRAN KABUPATEN PROBOLINGGO JAWA TIMUR

BAKRI, BAKRI (2020) SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI MI TAHDZIBUN NASYIIN DESA SOGAAN KECAMATAN PAKUNIRAN KABUPATEN PROBOLINGGO JAWA TIMUR. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
SAMPUL+ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (770kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (625kB)
[img] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (287kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (405kB)
[img] Text (TESIS BAKRI FULL TEXT)
TESIS BAKRI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Bakri, 2020 “Supervisi Kepala Sekolah Dalam meningkatkan mutu
pembelajaran di MI Tahdzibun Nasyiin Desa Sogaan Kecamatan
Pakuniran Kabupaten Probolinggo Jawa Timur”. Tesis Prodi
Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Insitut Pesantren KH.
Abdul Chalim, Pembimbing : Dr.Eng.Fadly Usman,ST,MT
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah
:1).Mendiskripsikan dan menganalisis program supervisi akademik kepala sekolah
dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MI. Tahdzibun Nasyiin Kecamatan
Pakuniran.2).Mendiskripsikan dan menganalisis strategi pelaksanaan supervisi
akademik kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MI. Tahdzibun
Nasyiin Kecamatan Pakuniran.3).Mendiskripsikan dan menganalisis implikasi
supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MI.
Tahdzibun Nasyiin Kecamatan Pakuniran.
Rancangan Penelitian ini mengunakan metode kualitatif yang bersifat
deskriptif, yaitu peneliti hanya mendeskripsikan, menganalisis fenomena, peristiwa
dan aktivitas yang yang bersifat alamiah dan dilakukan berkaitan dengan supervisi
akademik yang dilakukan oleh kepala MI Tahdzibun Nasyiin. Sumber data terdiri dari
data primer dan data sekunder. Instrumen penelitian yaitu instrumen, pedoman
observasi, dan pedoman wawancara. Metode pengumpulan data yaitu obervasi,
interview, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan
cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak dari adanya supervisi terhadap
perbaikan terhadap guru adalah terlihat pada peningkatan-peningkatan terhadap
kemampuan guru dalam hal : 1).Meningkatnya kemampuan guru dalam menyusun
perangkat pembelajaran. adapun indikatornya adalah bahwa semua guru telah
mampu secara mandiri membuat perangkat pembelajaran tersebut.2).Kemampuan
guru-guru dalam melaksanakan proses pembelajaran semakin baik. Adapun indikator
semakin baik adalah. guru dalam melaksanakan proses pembelajaran telah mampu
menciptakan pembelajaran yang aktif dengan dengan menggunakan beberapa tehnik
atau metode.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Supervisi Akademik, Mutu Pembelajaran
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 16 Aug 2022 08:18
Last Modified: 16 Aug 2022 08:18
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1252

Actions (login required)

View Item View Item