IMPLEMENTASI METODE MURAJA'AH DALAM PENINGKATAN KUALITAS HAFALAN AL QUR'AN DI PONDOK PESANTREN AMANATUL QUR'AN PACET MOJOKERTO

Siti, Inarotul Afidah (2022) IMPLEMENTASI METODE MURAJA'AH DALAM PENINGKATAN KUALITAS HAFALAN AL QUR'AN DI PONDOK PESANTREN AMANATUL QUR'AN PACET MOJOKERTO. Diploma thesis, Institut Pesantren KH.Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (772kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (725kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (435kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (484kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Kualitas hafalan Al Qur’an santri pada tingkat menengah (2) mengetahui penerapan metode murojaah pada tingkatan menengah dalam meningkatkan kualitas hafalan al qur'an di pondok pesantren Amanatul Qur'an dan (3) Untuk menganalisis dan memahami beberapa faktor pendukung dan penghambat yang ada pada tingkatan menengah dalam implementasi metode murojaah untuk meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur'an.
Jenis penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Case Study Research ( Studi Kasus ) dan bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data meliputi reduksi, penyajian, dan vertifikasi data.
Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan sudah dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) Kualitas hafalan pada tingkat menengah di pondok pesantren Amanatul Qur’an sudah bisa dikatakan baik jika dilihat dari beberapa indikator yang telah tentukan. Dan hal tersebut juga sudah bisa dibuktikan dari hasil evalusi yang sudah dilaksankan satu kali untuk per semesternya. (2) penerapan metode murajaah yang dilaksanakan pada tingkat menengah di pondok pesantren Amanatul Qur’an dilakukan dengan beberapa tahapan diantaranya yaitu tahap persiapan, tahap pengesahan ( tashih/setor ) dan tahap pengulangan. (3) Beberapa faktor pendukung pada penerapan Metode Muraja’ah di Pondok Pesantren Amanatul Qur’an yaitu adanya motivasi dari orang-orang terdekat, adanya kegiatan muraja’ah yang terkontrol dan lingkungan yang kondusif. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu adanya rasa malas, tidak bisa mengatur waktu, dan ayat yang mudah lupa dan hilang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Metode Muraja’ah, Kualitas Hafalan Al Qur’an.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 PAI IKHAC
Date Deposited: 08 Aug 2022 08:47
Last Modified: 08 Aug 2022 08:47
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1231

Actions (login required)

View Item View Item