KHAMIM, SYAIBANI (2021) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM TERPADU DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA DI MTs. PESANTREN AL AMIN MOJOKERTO. Masters thesis, Institut Pesantren KH Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (511kB) |
|
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (449kB) |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Download (405kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (326kB) |
|
Text (Tesis Full)
Tesis Full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menyingkap Penerapan, pengorganisasian dan evaluasi dari Implementas Manajemen kurikulum terpadu yang memadukan kurikulum Kementerian Agama dan Pesantren dalam meningkankan kompetensi Siswa di MTs. Pesantren Al-Amin Mojokerto.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu suatu pendekatan untuk menguraikan ucapan atau tindakan dan keadaan yang dapat diamati dari orang-orang atau subyek. Sumber data dan dokumen diperoleh melalui wawancara, observasi,dan dokumentasi.setelah dilakukan Analisa,kemudian data dicek keabsahannya melalui perpanjangan keikutsertaan,ketekunan,pengamatan serta trianggulasi. Tahap terakhir penulisan laporan.
Temuan subtantif penelitian ini adalah 1)Implementasi manajemen kurikulum terpadu dalam meningkankan kompetensi siswa di Mts Mojokerto menerapkan perumusan konten atau isi kurukulum disesuaikan dengan Standar isi dan Standan Kompetensi Lulusan agar korelasi terjadi antara kelompok mata pelajaran umum agama dan bahasa,2)struktur kulikulum terpadu berdasarkan kebutuhan siswa dalam jangka pendek,menengah dan Panjang,3) Evaluasi sebagai mengukur tingkat kemampuan siswa dalam meningkatkan kompetensi siswa
Temuan teoritis dari penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan Kompetensi siswa dari lembaga pendidikan dapat dilakukan dengan proses manajemen kurikulum yang efektif dan efisien sesuai dengan visi dan misi sekolah. Proses manajemen kurikulum dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi kurikulum akan berdampak pada kompetensi yang dihasilkan. Antara perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Semakin baik ketiga proses tersebut dalam penerapannya maka semakin baik pula Kompetensi yang dihasilkan oleh suatu lembaga pendidikan tersebut dan akan berdampak pada profil lulusan dari lembaga tersebut.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Kurikulum, Kurikulum Terpadu dan Kompetensi Siswa |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 26 Jul 2022 10:28 |
Last Modified: | 26 Jul 2022 10:28 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1196 |
Actions (login required)
View Item |