Irma, Santi Febriana (2021) Pengembangan media video berbasis tematik untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas II di MI Darussalam Pacet. Diploma thesis, Institut Pesanten KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
COVER.pdf - Published Version Download (239kB) |
|
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (357kB) |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Download (170kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version Download (233kB) |
|
Text (Skirpsi Full)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Pada Keadaan Pandemi covid-19 ini pembelajaran dilaksanakan dengan jarak jauh di mana siswa terpisah dari guru. Pembelajarannya dilaksanakan secara daring dengan berbagai sumber belajar melalui teknologi komunikasi, informasi dan media lain. Sehingga media yang cocok digunakan yakni media berbasis audio visual untuk membantu penyampaian materi yang diasampaikan oleh guru. Media video pembelajaran merupakan media yang mengkombinasi dua materi yakni visual dan auditif untuk merangsang indra penglihatan dan pendengaran peserta didik.
Rumusan masalah dalam penelitian adalah: 1) Bagaimana kevalidan media videopada tema 1 subtema 1 pembelajaran 1 kelas II di MI Darussalam Pacet? 2) Bagaimana efektifitas media videopada tema 1 subtema 1 pembelajaran 1 kelas II di MI Darussalam Pacet? Sedangkan tujuan dari pengembangan media video berbasis tematik ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran jarak jauh atau daring kelas II MI Darussalam Pacet. Penelitian yang digunakan merupakan penelitian dan pengembangan R & D (Research and Development). Penelitian pengembangan adalah jenis penelitian yang berorientasi pada pengembangan produk. dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (analyze, Design, development, implementation, evaluation).
Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah 1. Media video berbasis tematik kelas II di MI Darussalam Pacet ini valid untuk digunakan di sekolah, yang mana sesuai dengan hasil penilaian dari tiga pakar yaitu pakar materi, pakar media, dan guru kelas II C MI Darussalam Pacet dengan presentase berturut-turut 87%, 82%, 83%. Dan hasil respon siswa kepada kelas II di MI Darussalam Pacet adalah baik (layak) yaitu 87%. Hasil Soal pretest dan posttest yakni 1250 dengan rata-rata nilai adalah 78,2 dan hasil dari soal posttest yakni 1421 dengan rata-rata nilai adalah 88,8. Maka dapat disimpulkan bawa media video berbasis tematik ini efektif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media video, Pembelajaran jarak jauh, Penelitian dan Pengembangan, pemahaman siswa. |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | S1 PGMI IKAHC |
Date Deposited: | 26 Dec 2022 10:07 |
Last Modified: | 26 Dec 2022 10:07 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1187 |
Actions (login required)
View Item |