PENGARUH STRATEGI WORD OF MOUTH DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH (MAHASISWA EKONOMI SYARIAH DAN PERBANKAN SYARIAH INSTITUT PESANTREN KH. ABDUL CHALIM)

Amalia, Tulmafiroh (2021) PENGARUH STRATEGI WORD OF MOUTH DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH (MAHASISWA EKONOMI SYARIAH DAN PERBANKAN SYARIAH INSTITUT PESANTREN KH. ABDUL CHALIM). Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (266kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (444kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (277kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (313kB)
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan perbankan syariah menjadi tolak ukur keberhasilan
eksistensi ekonomi syariah di Indonesia. Bank Muamalat Indonesia merupakan
bank pertama bagi bank syariah lainnya. Dengan demikian untuk menjadikan
bank syariah lebih maju lagi perlu ada strategi untuk meningkatnya. Dengan
adanya strategi word of mout dan religiusitas bisa membantu meningkatkan untuk
seseorang tertarik dengan bank syariah. Khususnya dalam hal minat menabung.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh word of mouth dan
religiusitas terhadap minat menabung mahasiswa di bank syariah (mahasiswa
Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah Institut Pesantren KH. Abdul Chalim).
Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Jenis
penelitian ini adalah penelitian kuantitiatif dengan menggunakan metode sekala
likert. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 75 responden dan menggunakan
teknik analisis regresi berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa word of mouth dan religiusitas
secara simutan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat menabung
mahasiswa di bank syariah (mahasiswa Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah
Institut Pesantren KH. Abdul Chalim). Hal tersebut dibuktikan dari nilai F hitung
sebesar 26,300 dengan signifikansi 0,000. Dan secara parsial terdapat pengaruh
positif dari variabel word of moth (X1) terhadap minat menabung mahasiswa di
bank syariah (mahasiswa Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah Institut
Pesantren KH. Abdul Chalim) dengan nilai t hitung sebesar 6,659 dan niali t tabel
sebesar 0,229. Untuk variabel religiusitas (X2) juga terdapat pengaruh positif
yang signifikan secara parsial dengan nilai t hitung sebesar 4,029 dan t tabel
sebesar 0,229. Darihasil R2 (koefisien determinasi) sebesar 42,2% dan sisanya
57,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Word of Mouth, Religiusitas, Minat Menabung
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Syariah > Ekonomi Syariah
Depositing User: S1 ES IKHAC
Date Deposited: 19 Jul 2022 09:41
Last Modified: 19 Jul 2022 09:41
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1181

Actions (login required)

View Item View Item